October 12, 2018

Sebelumnya Mampu Melakukan Backflips, Kini “Atlas” Bisa Melakukan Parkour

Penulis: Rizki R
Sebelumnya Mampu Melakukan Backflips, Kini “Atlas” Bisa Melakukan Parkour  

Mobitekno – Atlas, robot Humanoid Boston Dynamics yang dikenal dengan backflips dan berlarinya ini, diantara aktivitas lain yang menyerupai manusia, kini dapat melakukan parkour. Perusahaan robotika ini memposting video ke YouTube pada Kamis (11/10) kemarin, Atlas berkeliling gudang, melompati kayu gelondong dan melangkahi bangunan yang ditumpuk.

“Perangkat lunak kontrol menggunakan seluruh tubuh termasuk kaki, lengan dan tubuh, untuk mengumpulkan energi dan kekuatan untuk melompati kayu gelondong dan melangkah-langkah tanpa melanggar kecepatannya,” tulis perusahaan dalam keterangan di bawah video.

“Robot ini menggunakan visi komputer untuk menempatkan dirinya sehubungan dengan penanda yang terlihat pada pendekatan untuk mencapai medan secara akurat,” lanjut perusahaan itu.

Akhir tahun lalu, Boston Dynamics mengungkap robot Atlas dapat melakukan backflips yang diakui sebagai senam. Perusahaan itu –yang dijual dari Google kepada konglomerat teknologi Jepang SoftBank untuk jumlah yang tidak diungkapkan tahun lalu—belum mengungkapkan apa yang akhirnya direncanakan untuk dilakukan dengan robot-robotnya.

Di situs webnya, perusahaan yang memulai di Massachusetts Institute of Technology, menuliskan, “Mengubah ide Anda tentang apa yang bisa dilakukan robot dan ‘membanggakannya’ dalam membangun mesin yang mematahkan batasan dan bekerja di dunia nyata.”

Tags: , , ,


COMMENTS