June 12, 2018

Kia Niro EV Muncul di Busan Motor Show

Penulis: Desmal Andi
Kia Niro EV Muncul di Busan Motor Show  

Mobitekno – Kendaraan listrik Kia Niro EV akhirnya diperlihatkan di ajang Busan Motor Show. Kendaraan yang mampu menempuh jarak 380 km dalam satu kali pengisian ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta kendaraan Kia.

Mobil dengan konsep crossover ini memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi, cerdas, dan memiliki jarak tempuh yang jauh. Dengan demikian Kia Niro EV menawarkan sesuatu yang lebih baik dibandingkan kendaraan listrik lainnya.

“Niro EV akan menjadi kendaraan listrik kedua yang dijual secara global di Kia, mengikuti Kia Soul yang sangat populer,” ujar Han-woo Park, Prresident & CEO Kia Motors Corporation dalam rilisnya kepada Mobitekno. “Hal ini berarti menunjukkan kemampuan yang dibuat Kia dalam memberikan kendaraan yang nyaman, praktis, dan menyenangkan untuk dikendarai,” lanjut Han-woo Park.

Kia Niro EV memiliki desain yang futuristik. Mobil ini didesain di pusat desain Kia di California dan Namyang Korea. Bodinya rampung dengan tingkat aerodinamika yang maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa permukaan yang terpahat secara halus.

Kia Niro EV ini sebenarnya terinspirasi dari Niro EV Concept yang sudah diperlihatkan pada pameran elektronik 2018 di Las Vegas. Grille dengan konsep Tiger Nose masih menjadi ciri khas kendaraan Kia. Intake udara dirancang ulang. Lampu LED daytime running light yang ada juga dirancang berbentuk kumparan yang digabungkan dengan highlight trim biru sehingga terlihat lebih menonjol.

Kia Niro EV menggunakan ukuran ban 17 inci dengan velg berotif Diamond Cut dilapisi warna Two Tone. Di bagian dalam juga dibekali dengan layar sentuh 7 inci untuk pusat infotainment dan beberapa fungsi kendaraan.

Sebagai mobil listrik, Kia Niro EV dilengkapi dengan baterai Lithium-Polymer berkapasitas 64 kWh yang mampu menempuh 380 km dalam satu kali pengisian listrik. Mesinnya dapat menghasilkan torsi 395 Nm dari posisi diam sehingga untuk menempuh kecepatan dari 0-100 kpj hanya membutuhkan waktu 7,8 detik.

Berbagai fitur modern juga hadir di dalamnya, seperti penggunaan Advanced Driver Assistance Systems yang dapat embantu pengemudi di berbagai lingkungan dan membuat skenario untuk mengurangi risiko kecelakaan. Fitur keamanan lain seperti Smart Cruise Control, Smart Stop and Go, penghidar tabrakan, hingga Lane Following Assist bisa digunaakan dengan nyaman.

Untuk saat ini, Kia Niro EV hanya dijual di pasar Korea Selatan. Sementara untuk global, Kia sudah mempersiapkannya. Namun, belum diketahui secara pasti kapan kendaraan ini dijual secara global.

Tags: , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS