June 12, 2018

10 Ponsel Terlaris April 2018: Galaxy S9 Series Lebih Laris dari iPhone X, Tapi…

Penulis: Iwan RS
10 Ponsel Terlaris April 2018: Galaxy S9 Series Lebih Laris dari iPhone X, Tapi…  

Mobitekno – Laporan terbaru dari periset pasar Counterpoint menunjukkan pasar global smartphone di bulan April 2018 dikuasi oleh tiga produsen, yakni Samsung, Apple, dan Xiaomi. Apabila Samsung dan Apple berjaya dengan smartphone high-end, Xiaomi cukup puas dengan seri Redmi-nya yang terjangkau.

Daftar 10 smartphohe terlaris sepanjang April 2018 ini dipuncaki oleh Samsung, berturut-turut dengan seri Galaxy S9 Plus (Peringkat Pertama, 2,6%) dan S9 (Pengkat ke-2, 2,6%). Setelah duo Galaxy tersebut, Apple menguntit di posisi ke-3, ke-4, dan ke-5 dengan iPhone X (2,3%), iPhone 8 Plus (2,3%), dan iPhone 8 (2,2%).

Apabila posisi 5 besar hanya di tempati dua raksasa Samsung dan Apple, di posisi 5 terbawah (5-10), keduanya (Samsung dan Apple) harus berbagai dengan pabrikan Xiaomi yang masuk 10 besar berkat dua ponsel terbarunya yang laris manis, Redmi 5A dan Redmi 5 Plus/Redmi Note 5.

Sebagai smartphone entry level, Redmi 5 Plus berhasil mendukuki posisi ke-7 (1,5%) ke-7, sedangkan Redmi 5 Plus/Redmi Note 5 di posisi ke-8 (1,4%). Di antara kedua smartphone Redmi ini ‘menyelinap’ iPhone 6 (1,4%) yang masih diincar konsumen meski sudah dirilis sejak empat tahun lalu. Acungan jempol buat Apple yang masih dapat menjual iPhone ‘jadul’.

Dua posisi terakhir (no. 9 dan no. 10) berturut-turut ditempati oleh Apple iPhone 7 (1,4%) dan Samsung Galaxy S8 (1,3%). Keduanya juga bukan termasuk ponsel terbaru, mengingat iPhone dirilis dua tahun lalu (September 2016), sedangkan Galaxy S8 pada Maret tahun lalu.

Kesepuluh smartphone terlaris sepanjang April 2018 ini diwakili oleh smartphone high-end dari Samsung dan Apple serta smartphone terjangkau (entry level) dari Xiaomi.

Menariknya, jika Samsung boleh berbangga karena kedua smartphone terbaru mereka (Galaxy S9 dan S9 Plus) menjadi produk terlaris di bulan April lalu, Apple masih tetap mendominasi pasar jika dilihat dari persentate total unit yang terjual.

Secara total, Apple menguasi pangsa pasar 9,6% dari kelima iPhone yang ada di 10 besar (iPhone X, iPhone 8 Plus, iPhone 8, iPhone 6, iPhone 7), sedangkan Samsung harus puas dengan pangsa pasar 6,5% dari tiga smartphone (S9 Plus, S9, dan S8).

Di segmen entry level, Xiaomi sepertinya masih menjadi pilihan favorit berkat kesuksesannya melakukan ekspansi pasar di luar Cina, seperti di India, Asia Tenggara, dan Eropa.

Apakah kondisi pasar smartphone bulan mei mendatang (Mei 2018) tidak jauh berbeda dari bulan April? Kita tunggu saja pada laporan berikutnya.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS