May 12, 2018

Bodi Tipis Bukan Halangan Bagi Moto Z3 Play Punya Sensor Sidik Jari di Samping

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Bodi Tipis Bukan Halangan Bagi Moto Z3 Play Punya Sensor Sidik Jari di Samping  

Mobitekno – Setelah merilis Moto G6 Series dan E5 Series, Motorola dikabarkan masih punya satu smartphone lagi yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat ini. Smartphone tersebut adalah Moto Z3 Play yang menyasar segmen kelas menengah ke atas.

Bocorannya pun sudah mulai bermunculan beberapa bulan belakangan ini. Mulai dari masuk daftar di badan sertifikasi FCC hingga sejumlah foto yang memperlihatkan bentuk sebenarnya smartphone ini.

Bocoran terbaru justru lebih membuat penampakannya terang benderang. Anda dapat melihat Moto Z3 Play secara utuh. Tak hanya menampilkan sisi depan dan belakang, Anda pun dapat melihat sisi samping (kiri/kanan) dan atas/bawahnya.

Moto Z3 Play

Nampak jelas, smartphone ini masih memiliki DNA yang sama dengan seri lawasnya. Namun jika melihat layarnya, Motorola sudah mengemas smartphone ini dengan desain kekinian, yakni layar dengan aspect ratio 18:9.

Selaon layar yang lebih langsing, tak nampak adanya tombol ‘Home’ di bagian depan bawah layar. Dengan absennya tombol tersebut dan tidak adanya sensor sidik jari (fingerprint) di sisi belakang, pertanyaannya pun timbul. Apakah Moto Z3 Play tidak lagi menyertakan sensor biometrik tersebut?

Jawabannya masih ada. Sensor fingerprint masih disertakan tapi ditempatkan pada lokasi yang tidak lazim, yakni di sisi sebelah kanan, tepatnya di bawah tombol ‘Volume’. Adapun sisi kiri terdapat tombol Power.

Selain penempatan sensor sidik jari di lokasi yang unik, slot kartu microSD dan sim card pun ditempatkan di sisi atas. Sedangkan port USB Type-C ditempatkan di sisi bawah.

Berbeda dari pendahulunya (Moto Z Play dan Z2 Play), Moto Z3 Play tidak lagi menyertakan port jack audio 3,5 mm. Ini berarti Z3 Play sudah mengikuti saudaranya di seri tertinggi, Moto Z dan Moto Z2 Force.

Moto Z3 Play

Absennya jack audio 3,5 mm mungkin ditempuh sebagai kompromi dimensi Z3 Play yang relatif tipis. Sebagai gantinya, pengguna dapat menggunakan adapter headphpne/earphone 3.5 mm to USB-C yang disertakan pada paket produk.

Beralih ke sektor kamera, Moto Z3 Play menjadi seri Z Play pertama yang dilangkapi dengan kamera ganda (dual camera) di sisi belakang (didukung LED flash). Sedangkan depannya masih mengandalkan kamera selfie tunggal tanpa LED flash.

Apabila diperhatikan lebih detail, smartphone ini telah dilengkapi dengan tiga mikrofon. Dua mikrofon ada di depan dan satu mikrofon ada di bagian belakang. Ini menunjukkan ada peningkatan kontrol suara atau bahkan pembaruan ke fitur Moto Action.

Ditujukan untuk pasar kelas menengah ke atas, Motorola tak main-main mengembangkan Moto Z3 Play. Bagian belakang smartphone ini disebut-sebut terbuat dari metal yang dilapisi kaca.

Motorola juga masih berkomitmen dengan konsep modular aksesorinya seperti terlihat dari adanya 16 pin magnet untuk Moto Mods.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES