February 12, 2018

Startup Berbasis Fintech Akan Tumbuh Pesat di Tahun 2018

Penulis: Karyo | Editor: Eko Lannueardy
Startup Berbasis Fintech Akan Tumbuh Pesat di Tahun 2018  

Mobitekno – Perkembangan startup atau perusahaan rintisan di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat. Hingga saat ini, tercatat sudah ada lebih dari 230 startup yang hadir dan berkompetisi di pasar Indonesia. Menariknya, 4 diantaranya sudah berhasil menjadi unicorn dengan nilai investasi sebesar US$ 1,6 juta hingga US$ 2,8 juta.

Nampak jelas, perkembangan startup yang cukup pesat tak lepas dari semakin banyaknya kebutuhan akan gaya hidup digital di Tanah Air. Selain itu, pengguna aktif internet yang terus tumbuh juga ikut mempengaruhi. Hingga tahun 2017, tercatat ada 132,7 juta pengguna internet aktif, hal ini tumbuh 50 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Tak berhenti sampai di tahun 2017, pertumbuhan startup juga masih akan berlangsung di tahun 2018 ini. Sinyalemen tersebut terungkap saat DailySocial.id, salah satu anak perusahaan GDP Venture memaparkan laporan terbarunya terkaiit dengan “Startup 2017 dan Perkembanganya” yang dipaparkan di Jakarta, (8/2).

Selain laporan mengenai keberhasilan startup di tahun 2017, terungkap juga beberapa sektor yang berpotensi paling besar untuk berkembang pesat d tahun 2018 ini. Tak hanya fintech, sektor lainnya yang bakal ikut berkembang adalah media dan juga kesehatan.

Bisnis e-commerce juga akan tetap tumbuh di tahun 2018, walaupun jumlahnya semakin sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun, e-commerce yang sudah ada akan semakin besar dan akan banyak bermunculan startup e-commerce yang bermain di pasar niche.

Menurut Rama Mamuaya, CEO DailySocial.id menerangkan bahwa  setiap tahunnya DailySocial.id mencoba mengumpulkan semua informasi mengenai ekosistem industri teknologi di Indonesia, dan mengemasnya dalam bentuk laporan singkat yang diharapkan bisa membantu para stakeholder untuk bisa melihat gambar besar pergerakan industri di Indonesia.

Lebih lanjut Rama mengungkapkan bahwa startup fintech yang diwarnai dengan kegiatan akuisisi dan merger di tahun 2017, akan terus berkembang di tahun 2018. Hal ini sejalan dengan regulasi fintech yang semakin jelas dan teknologi pendukung yang semakin canggih.

Tahun 2018 yang merupakan tahun politik menurut Rama diprediksi bakal memicu perkembangan starup media. Selain itu tahun 2018 juga akan menjadikan startup kesehatan yang ada akan terus mengembangkan layanan kesehatan yang paling efisien yang dapat diakses menggunakan internet dan teknologi mobile.

Sementara itu, Danny Wirianto, CMO dari GDP Venture yang juga dikenal sebagai Angel Investor, mengungkapkan bahwa laporan startup tersebut sangat membantu untuk melihat gambaran garis besar perkembangan teknologi dan ekosistem internet di Indonesia, sehingga dapat menjadi pedoman dalam mempertimbangkan keputusan dalam berinvestasi.

“Laporan tahunan yang kami susun bersama DailySocial.id merupakan suatu executive summary tentang pergerakan industri startup beserta ekosistemnya di tahun yang lalu beserta prediksi perkembangannya di tahun berikutnya,” ujar Danny pada kesempatan yang sama.

Pemaparan Laporan Tahunan Starup serta diskusi yang diikuti para awak media dan para bloger  tersebut mengungkapkan berbagai perkembangan industri teknologi yang berkembang saat ini. Beberapa teknologi yang akan berkembang tersebut di antarnya teknologi Internet of Things (IoT), Blockchain dan Artificial Intelligence.

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES