February 12, 2018

Intel Kerahkan 1.218 Drone untuk Meriahkan Olimpiade Musim Dingin 2018

Penulis: Iwan RS
Intel Kerahkan 1.218 Drone untuk Meriahkan Olimpiade Musim Dingin 2018  

Mobitekno –¬†Olimpiade Musin Dingin 2018 (Winter Olympics 2018) di PyeongChang, Korea Selatan sudah digelar mulai 9 Februari hingga 25 Februari 2018. Olimpiade yang tidak diikuti oleh Indonesia tapi diikuti oleh hampir semua negara tetangga ini juga akan menjadi ajang unjuk kebolehan armada drone Intel (Intel Shooting Star drone) dalam membentuk formasi cahaya yang memukau jika dilihat dari kejauhan.

Pada hajatan olahraga besar kali ini, Intel akan mengerahkan armada drone Intel Shooting Star dalam jumlah yang lebih besar dari sebelumnya. Jumlah drone yang terbang serentak mencapai 1.218 drone. Namun, perlu diketahui aksi drone dalam membentuk formasi khusus ini tidak dilakukan secara langsung (live) pada acara pembukaan Winter Olympics 2018 tersebut.

Winter Olympics 2018

Intel hanya menunjukkan rekaman pertunjukan (pre-recorded footage) yang dilakukan pada December lalu. Sebelumnya, faktor kondisi cuaca diperkirakan menjadi alasan utama atraksi tidak dilakukan langsung (live). Namun, pihak Intel menyatakan masalah logistiklah yang menajdi alasan utamanya, meski Intel tidak menjelaskan lebih detail, seperti apa masalah logistiknya.

Meski demikian, atraksi drone Intel di bulan Desember yang ditunjukkan di Twitter tetap menarik disimak. Drone Shooting Star terlihat membentuk formasi simulasi yang menggambarkan peselancar, merpati, dan tentu saja the logo cincin (ring) Olimpiade.

Jumlah drone hingga 1.218 unit menjadi rekor baru bagi sejumlah drone atau UAV (unmanned aerial vehicles) yang terbang scara simultan. Sebelumnya, Intel pernah menerbangkan 300 drone pada pertunjukan Lady Gaga di Super Bowl pada tahun lalu, 500 drone di Jerman pada 2016, dan 100 mini drone di ajang Intel CES 2018.

Meski atraksi 1.218 drone tidak secara langsung ditampilkan, Intel masih berjanji akan menampilkan atraksi 300 drone membentuk formasi setiap malamnya pada acara penyerahan medali Winter Olympics 2018. Seperti apa keindahan formasinya, kita saksikan saja nanti.

 

Tags: , , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS