February 12, 2018

Bukalapak Sukses Gelar Kopdar Perdana untuk Pelapak Perempuan

Penulis: Eko Lannueardy
Bukalapak Sukses Gelar Kopdar Perdana untuk Pelapak Perempuan  

Mobitekno – Keterlibatan perempuan dalam usaha UKM cukup besar di Indonesia, hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya minat perempuan terjun dunia bisnis yang juga semakin besar. Komunitas Srikandi Bukalapak merupakan komunitas yang menaungi para pelapak perempuan yang tergabung di Bukalapak.

Mengawali tahun 2018, Komunitas Srikandi Bukalapak menggelar kopdar perdananya yang bertajuk Kopdar Piknik Srikandi. Kopdar ini sendiri digelar di Green Andara Family Club Cinere, Sabtu, (10/2) dan diikuti  oleh ratusan pelapak perempuan yang tinggal di seputaran Jabodetabek.

Komunitas Srikandi sendiri dibentuk sebagai wadah untuk memfasilitasi pelapak wanita agar bisa berkembang bersama Komunitas Bukalapak. Tidak hanya dalam hal jual-beli online, namun juga menambah ilmu dan wawasan sebagai seorang womenpreneur yang tentunya memiliki hambatan tersendiri.

Meskipun anggota komunitas Bukalapak saat ini masih didominasi oleh pria, namun hal tersebut tidak menurunkan minat dan semangat para pelapak wanita untuk tetap aktif dan berbagi. Tantangan bagi pelapak wanita adalah melawan rasa malu dan canggung pada saat kegiatan kopdar di komunitas masing-masing.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak mengatakan,”Salah satu yang menjadi kendala bagi pengusaha khususnya perempuan adalah manajemen waktu. Kesibukan mengurus keluarga seringkali mempengaruhi kinerja bisnis yang mereka lakukan.”

Lebih jauh Fikri menambahkan, oleh karena itu dalam kesempatan kopdar seperti inilah yang tepat untuk Bukalapak memberikan ilmu pengetahuan seputar efesiensi waktu mengurus lapak sekaligus memproses pesanan. Materi lainnya yang tak kalah menarik untuk dibagi adalah penyajian produk yang dipasarkan dalam bentukgambar.

“Teknik fotografi sederhana namun berkualitas dapat meningkatkan minat pembeli. Didukung oleh perkembangan tekonologi yang ada saat ini, fotografi menggunakan ponsel dapat dijadikan alternatif sekaligus mempermudah para Srikandi untuk dapat menampilkan foto produk yang baik,” jelas Fikri.

Oleh karena kedua hal tersebut, pada Kopdar Piknik Srikandi ini dapat menjadi momentum bagi para Srikandi untuk dapat mengembakan bisnisnya secara baik dan berkelanjutan. Disamping itu dengan diadakannya Kopdar Piknik Srikandi ini, para pelapak perempuan juga dapat mempererat tali silaturahmi serta memperluas wawasan dalam berbisnis online.

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES