February 12, 2018

Ahli Rusia Ditangkap Karena Menggunakan Superkomputer untuk Mining Bitcoin

Penulis: Iwan RS
Ahli Rusia Ditangkap Karena Menggunakan Superkomputer untuk Mining Bitcoin  

Mobitekno – Penambangan uang digital (cryptocurrency mining) kembali menjadi berita. Beberapa pihak mencoba berbagai ‘gagasan’ baru agar bisa ‘menambang’ koin digital lebih cepat dan efektif. Terkadang metode yang ditempuh masuk kategori tidak legal, seperti yang ditempuh ahli asal Rusia baru-baru ini.

Para ahli Rusia ini beranggapan jika aktivitas mining akan memberikan hasil yang lebih cepat jika mereka ‘meminjam’ kekuatan komputasi dari fasilitas superkomputer milik pemerintah Rusia. Sayangnya, bukan duit digital yang diperoleh, jeratan hukumlah yang harus dihadapi.

Meski sangat volatile sifatnya, cryptocurrency atau Bitcoin mining masih dianggap sangat menarik dan menguntungkan bagi beberapa pihak. Aktivitas mining membutuhkan komputasi tinggi untuk memecahkan perhitungan (equation) yang super komleks (disebut sebagai blocks). Dengan kata lain, semakin kuat level komputasi dari sistemnya (mining rig), semakin cepat pula Bitcoin yang didapatkan dari aktivitas mining.

Para ahli yang berasis di Sarov, Rusia tersebut akhirnya kedapatan menggunakan fasilitas superkomputer di untuk menambang cryptocurrency. Mereka pun akhirnya ditangkap karena menggunakan Superkomputer di Sarov yang sebenarnya tergolong fasilitas rahasia dan dijaga ketat oleh pemerintah Rusia.

Fasiltias superkomputer ini sebenarnya tidak lazim terhubung ke komputer karena digunakan  militer Rusia untuk melakukan simulasi desain senjata nuklir. Koneksi dengan Internet dianggap dapat meiningkatkan risiko kebocoran data-data rahasia dan sensitif mengenai snjata nuklir.

Selain menggunakan fasilitas tanpa izin, para ahli tersebut juga dianggap telah melakukan pelanggaran berat karena aktivitas mining berisiko mengakibatkan kebocoran data (karena superkomputer terhubung ke Internet).

Menurut laporan BBC, Federal Nuclear Centre di Sarov dalam konfirmasi resminya menyatakan, “Telah terjadi aksi/usaha tanpa izin untuk menggunakan fasilitas komputer untuk kepentingan probadi, termasuk yang disebut dengan mining.”

Hikmah dari peristiwa ini, bagi para administrator atau teknisi yang kebetulan bekerja langsung dengan fasilitas komputasi kinerja tinggi di kantor, disarankan berpikirlah dua kali sebelum menggunakan fasiltias tersebut untuk kepentingan pribadi.

 

Tags: , , , , , ,

  • 46
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    46
    Shares

COMMENTS