October 11, 2018

Luncurkan Master Series Bravia A9F, Sony Janjikan Kualitas Gambar dan Audio Terdepan pada Sebuah TV OLED 4K

Penulis: Iwan RS
Luncurkan Master Series Bravia A9F, Sony Janjikan Kualitas Gambar dan Audio Terdepan pada Sebuah TV OLED 4K  

Mobitekno – Sony (PT. Sony Indonesia) sebenarnya belum genap setahun meluncurkan TV OLED 4K premiumnya, Bravia A8F pada Mei 2018 lalu. Namun, dinamika pasar dan perkembangan teknologi TV mungkin menjadi salah satu alasan raksasa elektronik Jepang tersebut untuk kembali merilis penerusnya.

Rabu lalu (10/10/2018), Sony akhirnya memperkenalkan TV OLED 4K terbaru yang masuk ke dalam jajaran Master Series, yaitu Bravia A9F OLED. Bukan hanya menggunakan jenis panel OLED terbaru, Bravia A9F OLED juga membawa serangkaian fitur dan desain yang lebih menggoda konsumen kelas atas.

Salah satu andalan Bravia A9F OLED yang masuk dalam kasta tertinggi Sony TV OLED 4K (Master Series) adalah chip/prosesor pengolahan gambar terbarunya X1 Ultimate.

Sony Bravia A9F OLED

Sebagai informasi, Bravia A8F OLED sebelumnya masih mengunakan prosesor gambar 4K HDR-X1 extreme. Prosesor gambar berperan penting dalam menghasilkan tampilan gambar berkualitas optimal, kontras yang sempurna dan detail objek tinggi. Adapun chip X1 Ultimate diklaim Sony memiliki performa dua kali lipat lebih unggul dari prosesor gambar geneasi sebelumnya.

“Prosesor pengolah gambar X1 Ultimate ini secara pintar dapat mendeteksi dan menganalisisi setiap object-based Super Resolution Sony dengan akurasi dan detail yang menakjubkan,” ujar Riki Suwandy, Product Marketing TV Sony Indonesia saat peluncuran di Fourseason, Jakarta (10/10/2018).

“Hadir pula (fitur) Object-based HDR remaster yang telah di-update dan sekarang memungkinkan setiap objek untuk dapat di-remaster secara individu untuk kedalaman lebih baik, tekstur akurat, dan gambar yang lebih realistis“, tambahnya.

Sony Bravia A9F OLED Sony Bravia A9F OLED

Selain diperkuat prosesor gambar terbaru, Bravia A9F OLED juga menggunakan panel layar OLED yang didukung fitur Pixel Contast Booster untuk mendongkrak level contrast setiap pixel yang ditampilkannya di layar dalam reolsui 4K.

Pada kesempatan yang sama, Kazuteru Makiyama, President Director Sony Indonesia, juga menyampaikan optimismenya terhadap pada OLED TV di Indonesia. Menurut pengakuannya, pasar TV OLED di Indonesia terus bertumbuh sejak mereka mulai memperkenalkannya tahun 2017. Sayangnya, Makiyama enggan untuk menyebutkan detailpertumbuhannya.

Selain aspek kulaitas gambar, Sony pun melakukan penyepurnaan pada kualitas audionya. Bravia A9F OLED didukung oleh teknologi Acoustic Surface Audio+ terbaru yang mulai diperkenalkan sejak TV OLED seri A1 tahun lalu.

Kini, teknologi Acoustic Surface Audio+ terbaru telah mengalami peningkatan dengan hadirnya aktuator tambahan di tengah layar. Aktuator tambahan bekerja seperti speaker tengah yang tersembunyi di belakang layar Acoustically transparent (AT).

Sony Bravia A9F OLED Sony Bravia A9F OLED Sony Bravia A9F OLED

Bravia A9F OLED yang sudah mendukung sistem kalibrasi profesional CaIMAN ini telah mendukung TV Center Speaker Mode yang memungkinkan Acoustic Surface Audio+ digunakan sebagai speaker tengah dari home theater system. Secara total, driver audio TV OLED ini berjumlah 5 dengan konfigurasi sistem audio 3.2.

Selain merupakan TV OLED 4K, sudah pasti Bravia A9F juga masuk kategori Android TV (berbasisi Android 8.0 Oreo) dengan hadirnya fitur untuk meng-install dan menjalankan aplikasi Android melalui interface yang lebih nyaman dinavigasi pengguna.

Bravia A9F OLED juga menghadirkan fitur hands-free Voice Search pada TV A9F untuk memberikan perintah melalui suara (voice command) ke Google Assistant.

Bravia A9F OLED akan tersedia di pasar Tanah Air pada bulan ini dalam dua opsi layar, yaitu ukuran layar 65 inci dan 55 inci. Untuk Bravia A9F OLED dengan layar 65 inci, Sony memasang harga di kisaran Rp 60 jutaan. Sedangkan untuk layar 55 inci, harganya dipatok di kisaran Rp 40 jutaan.

Tags: , , , ,

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

COMMENTS