June 11, 2018

Tahun Depan akan Ada Smartphone 5G dengan Chipset MediaTek

Penulis: Iwan RS
Tahun Depan akan Ada Smartphone 5G dengan Chipset MediaTek  

Mobitekno – 5G atau teknologi komunikasi wireless (seluler) generasi ke-5 akan hadir diimplementasikan mulai tahun 2020 nanti. Meski demikian, berbagai pihak sudah megambil ancang-ancang agar ekosistem yang menyertainya juga siap menyambutnya.

Salah satu pihak yang siap mendukung 5G adalah desainer mobile chipset MediaTek. Perusahaan asal Taiwan ini menambah daftar desainer chipset yang bersiap dengan mendukung teknologi seluler yang disebut memiliki kapasitas data hingga 10 Gbps.

Selain MediaTek, produk chipset atau modem 5G yang mulai diterpakan tahun depan antara lain, Qualcomm (modem Snadragon X50), Huawei Balong 5G01, NXP QorIQ LA1575, MIPS I7200, hingga Ericsson dengan 5G indoor small cell-nya.

Untuk mendukung teknologi 5G pada berbagai chipset-nya, MediaTek telah menyiapkan modem generasi terbaru yaitu Helio M70 5G.

Helio M70 5G modem

Agar realisasi modem 5G di perangkat mobile dapat berlangsung lebih lancar, MediaTek mengajak beberapa perusahaan terkait, seperti Nokia, NTT Docomo, China Mobile (CMCC), dan Huawei untuk turut mendukung modem tersebut.

Seperti juga mode Snapdagon X50 dari Qualcomm, modem Helio M70 5G ini ‘baru’ mendukung standar 5G generasi pertama, yaitu 3GPP Release 15, dengan data rate maksimum 5 Gbps dan beberapa fitur penting bagi operator/carrier lainnya.

Helio M70 akan dibuat melalui proses TSMC 7nm (teknologi EUV atau Extreme ultraviolet lithography) dan mulai diproduksi tahun depan (2019). Meski demikian, berdasarkan laporan DigiTimes, MediaTek baru akan melakukan proses produksinya secara masif di tahun 2020 nanti.

Saat ini, chipset mobile terbaru MediaTek (Helio P60) masih menggunakan modem 4G LTE WorldMode Modem yang didukung teknologi DSDS (Dual 4G SIM Dual Standby) dan smart antenna TAS 2.0. Modem ini juga mendukung layanan berbasis teknologi IP Multimedia Subsystem atau IMS (VoLTE\ViLTE\VoWi-Fi) di lebih dari 100 operaptor seluler di dunia.

Tags: , , , , ,

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

COMMENTS