May 11, 2018

Perkenalkan Finney, Smartphone Pertama Berteknologi Blockchain. Untuk Siapa?

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Perkenalkan Finney, Smartphone Pertama Berteknologi Blockchain. Untuk Siapa?  

Mobitekno – Pada bulan Maret lalu terdengar kabar jika Sirin Labs ingin meluncurkan smartphone dengan teknologi blockchain. Dua bulan kemudian, Sirin Labs membuktikan janjinya dengan memperkenalkan smartphone bernama Finney.

Ya! Finney adalah smartphone pertama di dunia yang di dalamnya tertanam teknologi blockchain. Smartphone berukuran layar 6 inci (FullHD+, aspect ratio 18:9) diperuntukkan untuk pengguna yang gemar ‘bermain’ cryptocurency.

Dapur pacu Finney masuk kategori premium dengan chipset octa-core Snapdragon 845 (CPU: 4x 2.8G Hz Kryo 385 Cortex-A75 + 4×1.8GHz Kryo 385 Cortex-A55; GPU: Adreno 630) yang didukung RAM 6 GB dan internal storage 128 GB.

Seperti kebanyakan smartphone , Finney dilengkapi dengan kamera belakang 12 MP (aperture f/1.8, laser AF). Sedangkan untuk kamera depannya, sudah dibenamkan sensor berkualitas 8 MP (aperture f/2.2, wide selfie 85 derajat).

Sirin Labs Finney

Sudah pasti smartphone ini juga dibekali dengan sensor sidik jari yang diklaim ‘super aman’. Fasilitas koneksi nirkabel yang disematkan Sirin Labs ke dalam smartphone ini antara lain, Wi-Fi (a/b/g/n/ac), Bluetooth 5, NFC, dan tentu saja dukungan 4G LTE. Untuk catu dayanya, smartphone ini mengandalkan baterai berkapasitas 3.280 mAh yang mendukung fitur fast/quick charging (50% dalam 30 menit, 100% dalam 2 jam).

Smartphone berbasis Android 8.1 (Sirin OS) ini juga sudah dibekali dengan sertifikasi IP52. Artinya, smartphone ini tahan terhadap cipratan air, misalnya air hujan. Bagian belakang perangkat ini juga sudah dilindungi dengan lapisan pelincung Gorilla Glass dari Corning.

Salah satu kelebihan Finney dibandingkan smartphone umumnya adalah tersedianya dompet digital cryptocurrency (crypto wallet) yang tidak terhubung ke Internet. Hal ini sengaja dibuat untuk mencegah aksi peretasan hacker yang mengincar Bitcoin atau cryptocurrency lainnya yang tersimpan di dompet digital.

Lalu, konsumen seperti apa yang disasar oleh Sirin Labs dengan smartphone ‘unik’ ini? Sederhananya, Finney diperuntukkan bagi pengguna yang kerap menggunakan layanan berbasis blockchain yang membutuhkan akses pertukaran (data, informasi, dll) yang aman, terenkripsi, dan bebas dari penyadapan atau peretasan lainnya.

Seperti diketahui, blockchain adalah database/catatan/ledger digital yang bersifat transparan/open dan decentralized. Blockchain umumnya digunakan sebagai accounting method untuk berbagai jenis cryptocurrency, termasuk Bitcoin.

Tertarik untuk membelinya? Sirin Labs sebelumnya menegaskan bahwa ketersedian Finney hingga sebanyak 25.000 unit melalui sistem pre-order. Smartphone cryptorrency ini sendiri dibanderol seharga US$ 999.

Finney yang diproduksi oleh Foxconn ini baru akan diluncurkan pada akhir tahun. Apabila tertarik untuk memilikinya, Anda dapat mengklik tautan ini. Mereka yang memesan smartphone ini menggunakan Sirin Labs Tokens (SRN) juga akan mendapatkan diskon hingga US$ 100 (10%).

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS