May 11, 2018

Kurang Sukses dengan Harman Kardon Invoke, Microsoft Gandeng Quanta Kembangkan Smart Speaker Baru

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Kurang Sukses dengan Harman Kardon Invoke, Microsoft Gandeng Quanta Kembangkan Smart  Speaker Baru  

Mobitekno – Pasar Smart speaker terus mengalami pertumbuhan seiring dengan hadirnya inovasi menarik yang menyertainya, termasuk asisten virtual yang kian cerdas. Di industri ini, Amazon dan Googgle cukup tersenyum puas mengingat smart speakernya (Amazon Echo dan Google Home) cukup digemari konsumen.

Namun tidak bagi Microsoft! Ya, Raksasa software ini masih kuarang puas dengan Harman Kardon Invoke yang dilengkapi asisten virtual Cortana. Sejumlah analis pun langsung angkat suara terkait belum berhasilnya Microsoft di industri smart speaker ini.

Untuk memasarkan smart speaker yang disukai banyak orang memang tidak mudah. Pertama, produsen harus mampu menciptakan beragam kategori agar konsumen mendapat banyak pilihan sesuai kebutuhannya.

Harman Kardon Invoke

Tak kalah penting adalah seberapa cerdas asisten virtual dalam smart speaker tersebut. Poin ini dianggap paling penting karena perangkat yang diciptakan adalah smart speaker yang sudah seharusnya dapat berkomunikasi dengan baik dengan pengguna.

Artinya, smart speaker tidak sekadar perangkat yang memiliki kemampuan memutar musik saja. Contoh paling nyata adalah smart speaker HomePod yang penerimaan konsumennya terbilang ‘datar’ untuk ukuran Apple.

Melihat hal itu, Microsoft pun tak tinggal diam. Terdengar kabar jika perusahaan yang mulai sukses di industri cloud ini telah menggandeng perusahaan baru lainnya, Quanta, untuk membuat smart speaker generasi berikutnya.

Harman Kardon Invoke

Smart speaker kolaborasi Microsoft dan Quanta ini nantinya akan diperkuat prosesor/mobile platform Snapdragon 212 (CPU 4 core Cortex-A7 1,3 GHz dan GPU Adreno 304). tergolong entry-level, Snapdragon 212 cukup populer digunakan pada perangkat IoT karena efesiensi dayanya.

Ada dugaan, smart speaker dengan asistem virtual Cortana ini mungkin tidak akan difokuskan untuk komersial (keuntungan), tapi akan menjadi referensi desain bagi produsen lain yang ingin membuat smart speaker dengan dukungan Cortana di dalamnya.

Pertanyaannya, apakah Microsoft juga akan lebih mengoptimalkan Cortana alias membuatnya lebih cerdas? Selain itu, fitur-fitur apa saja yang akan menjadi daya tarik utamannya?

Jika kedua hal itu diabaikan, bisa jadi smart speaker ini akan bernasib sama dengan Harman Kardon Invoke. Artinya, produsen yang berniat mengembangkan smart speaker ini pasti juga enggan untuk mengadopsinya.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS