May 11, 2018

Hasil Benchmark Galaxy Note 9 Muncul di GeekBench. Skornya Menjanjikan

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Hasil Benchmark Galaxy Note 9 Muncul di GeekBench. Skornya Menjanjikan  

Mobitekno – Samsung Galaxy Note 9 belum akan diperkenalkan di hadapan publik dalam waktu dekat ini. Namun, Samsung tampaknya sudah melakukan uji benchmark awal dengan smartphone premium dengan stylus ini.

Hal ini nampak dari bocoran hasil benchmark Geekbench terbaru dari Galaxy Note 9 berbasis prosesor Snapdragon dengan nomor model SM-N960U. Kemungkinan besar varian Galaxy Note 9 ini akan dilempar ke pasar Amerika Serikat.

Selain karena chipset Snapdragon yang digunakan, nomor modelnya juga punya kemiripan dengan nomor model Galaxy Note 8 (SM-N950U) yang pernah muncul di Geekbench pada tahun lalu.

Dari sini bisa diduga, Galaxy Note 9 bernomor model SM-N960U mungkin akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 dengan RAM 6 GB. Selain itu, smartphone berbasis Android 8.1 Oreo juga diprediksi akan menyertakan in-display (under-display) fingerprint sensor dan S-Pen yang lebih disempurnakan.

GeekBench Galaxy Note 9

Pada pengujian Geekbench, Note 9 dengan Snapdragon 845 mendapatkan skor 2411 poin untuk kategori single-core dan 8712 poin untuk pengujian multi-core. Hasil pengujian ini tidak berbeda jauh dengan saudaranya Galaxy S9 dengan chipset yang sama.

Apabila dibandingkan dengan bocoran skor benchmark dari rivalnya nanti (Mi 7 atau OnePlus 6) yang sama-sama menggunakan Snapdragon 845, penilaiannya sedikit beragam. Pada pengujian single-core, Note 9 (skor 2411) masih berada di atas skor OnePlus 6 (skor 2402) tapi masih di bawah Mi 7 (skor 2449).

Lain halnya pada pengujian multi-core Geekbench, dimana Note 9 (skor 8712) masih berada di atas skor Mi 7 (skor 8309) tapi masih di bawah OnePlus 6 (skor 8931). Perbedaan skor ini dapat dipengaruhi beberapa faktor, seperti tweak masing-masing vendor, perbedaan fase optimalisasi/tuning, CPU throttling, kapasitas RAM, dan lain-lainnya.

Awal bulan ini, skor Galaxy Note 9 dengan chipset Exynos juga pernah muncul di GeekBench. Sayangnya, hasil pengujian tersebut diprediksi merupakan ‘hoax’. Meski demikain, melihat ‘tradisi’ sebelumnya, Samsung hampir pasti juga akan merilis Note 9 dengan chipset Exynos.

Note 9 dengan chipset Exynos biasanya akan diluncurkan untuk pasar di luar Amerika Serikat. Menariknya, Galaxy Note 9 dengan chipset Exynos disebut-sebut juga akan hadir dengan RAM hingga 8 GB. Benar tidaknya, kita tunggu saja kehadirannya di kuartal ke-3 atau ke-4 nanti.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES