May 11, 2018

Google I/O 2018: Fitur Baru ‘For You’ dan ‘Your Match’ di Google Maps. Apa Gunanya?

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Google I/O 2018: Fitur Baru ‘For You’ dan ‘Your Match’ di Google Maps. Apa Gunanya?  

Mobitekno – Banyak inovasi menarik diumumkan Google di konferensi developer tahunannya, Google I/O 2018, Mountain View, California. Salah satunya adalah layanan populer Google Maps.

Ya! Raksasa search engine ini mengumumkan Google Maps akan kedatangan fitur baru yang bernama ‘For You’ dan ‘Your Match’. Seperti apa kedua fitur ini nantinya bekerja pada Google Maps?

Fitur tab ‘For You’ terbaru di Google Maps akan memberi kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan rekomendasi khusus berupa destinasi setempat (di lokasi sekitar pengguna berada) yang menarik dikunjungi. Destinasinya bisa berupa tempat makan, lokasi wisata, dan sebagainya.

Hadirnya fitur ‘For You’ akan menarik karena pengguna Google Maps tidak perlu lagi membuka aplikasi lain untuk melihat informasi serupa.

Fitur baru lainnya dalam layanan peta digitalnya ini adalah ‘Your Match’. Layanan ini hadir untuk memberikan peringkat destinasi berdasarkan tempat sebelumnya yang dimasukkan oleh pengguna ke Google Maps.

Penilaian maksimal adalah 100. Semakin tinggi nilainya, semakin besar kemungkinan Google berpikir bahwa orang-orang akan menyukai dan sering untuk berkunjung ke destinasi atau lokasi yang dituju.

Nantinya, penilaian ini juga tak lepas dari keterlibatan teknologi machine learning yang sudah dimanfaatkan oleh Google di banyak layanannya. Tak hanya itu, pengguna juga dapat berbagi lokasi favorit dengan pengguna Google Maps lainnya.

Selain ‘For You’ dan ‘Your Match’, Google pun bakal menghadirkan satu fitur baru inovatif, yakni fungsi untuk berbicara dengan Google Maps. Fitur berbasis interaksi suara ini nantinya hanya dapat digunakan saat Google Maps dalam mode navigasi.

Nantinya, pengguna akan dapat melakukan banyak hal saat memberikan instruksi suara kepada Google Maps. Contohnya, pengguna dapat meminta Maps untuk membacakan pesan (message) baru yang masuk.

Bahkan, pengguna juga dapat meminta koordinat posisinya berada saat ini. Selanjutnya, informasi tersebut dapat dikirimkan ke orang lain untuk mengetahui seberapa lama Ia dapat mencapai lokasi yang akan dituju.

Kkapan fitur-fitur ini akan hadir di Google Maps? Google menjanjikan semua fitur baru ini akan tersedia menjelang akhir tahun ini. Tak perlu khawatir, Google juga menegaskan bahwa fitur-fitur tersebut akan tersedia serentak di Android dan iOS.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES