October 10, 2018

Trio Ponsel Realme Terbaru Siap Tarung di Segmen Kaum Muda Tanah Air. Apa Resepnya?

Penulis: Iwan RS
Trio Ponsel Realme Terbaru Siap Tarung di Segmen Kaum Muda Tanah Air. Apa Resepnya?  

Mobitekno – Berawal sebagai sub-brand dan akhirnya ‘pede’ memisahkan dari Oppo, Realme akhirnya resmi masuk pasar Tanah Air. Itu artinya, produsen Oppo telah menelurkan dua brand baru yang akhirnya mandiri, yakni OnePlus dan Realme.

Sejauh ini OnePlus cukup berhasil melakukan penetrasi pasar dengan pasukan penggunanya yang loyal. Apakah Realme juga akan mengikuti kesesuksesan OnePlus? Menarik untuk diikuti.

Awal masuknya Realme (Realme 1 dan Realme 2) di pasar India menunjukkan tanda-tanda gejala awal yang positif. Itu pula yang membuat vendor ponsel ‘muda belia’ ini akhirnya memutuskan masuk ke pasar Indonesia yang juga dianggap ‘gemuk’.

Sebagai entri perdana, Realme menghadirkan tiga ponsel terbaru. Masing-masing dua seri Realme 2 series (Realme 2 & Realme 2 Pro) dan satu Realme C1 untuk menyasar konsumen muda dianggap masih sangat terbuka akan hal baru.

Trio smartphone megandalkan desain stylish tanpa meninggalakan faktor harga, performa, dan fasilitas yang memang menjadi syarat penting bagi kaum muda.

Kita mulai dari dua ponsel Realme 2 yang merupakan penerus Realme 1. Model pertama, Realme 2 berlayar IPS LCD 6,2 inci (HD+, aspek rasio 19:9, proteksi Gorilla Glass) dengan poni lebar (notch). Realme 2 sekilas mirip ponsel Oppo F7 yang dirilis pada April 2018 lalu.

Realme 2 diperkuat chipset Snapdragon 450, RAM 3GB atau 4GB, internal storage 32 GB atau 64GB, dan baterai berkapasitas 4.230 mAh.

Spesifikasi chipset Snapdragon 450 dan layar (hanya HD+) mungkin menjadi pertanyaan konsumen mengingat Realme 1 sudah diperkuat chipset Helio P60 yang lebih cepat dan layar Full-HD+ (1080p screen). Pilihan ini mungkin bisa dimaklumi jika dikaitan dengan harganya yang menarik.

Sisi belakang Realme 2 kembali mengingatkan kita akan ‘saudara tuanya’, Oppo F7 dengan lapisan glossy bercorak berlian yang berkesan mewah.

Fitur kamera yang penting bagi kaum muda mendapat sedikit peningkatan dengan hadirnya kamera ganda belakang dengan konfigurasi 13 MP (f/2.2) dan 2 MP (depth sensor), dan kamera depan /selfie 8 MP (f/2.2).

Kaum muda yang bujetnya lebih leluasa atau longgar mungkin akan lebih tertarik dengan ponsel kedua, yakni Realme 2 Pro. Layar IPS LCD-nya sedikit lebih lebar (6.3 inci) dengan resolusi Full HD+ yang lebih tinggi dari Realme 2.

Perbedaan yang langsung terlihat dari Realme 2 Pro adalah poni/notch-nya yang mirip seperti Oppo F9 atau Vivo V11 Pro. Realme menyebut poni kecil di atas layar ini sebagai dewdrop-notch (notch tetesan embun).

Salah satu daya tarik Realme 2 Pro adalah chipset Snapdagon 660 AIE (CPU octa-core Kryo 260, GPU Adreno 512) yang terbilang cukup gahar menjalankan berbagai aplikasi dan game. Realme 2 Pro tersedia dalam tiga opsi RAM dan internal storage (4GB/64GB, 6GB/64GB, dan 8GB/128GB).

Kamera juga menjadi daya tarik lainnya dari Realme 2 Pro karena adanya dual kamera belakang dengan kombinasi 16 MP (Sony IMX398, f/1.7) dan 2 MP (depth sensor). Adapun kamera depan/selfie mengandalkan sensor 16 MP (f/2.0).

Berbeda dari Realme 2 yang masih menjalankan ColorOS 5.2, Realme 2 Pro sudah menjalankan sistem operasi ColorOS 5.2 yang berbasiskan Android 8.1. Sayangnya, kapasitas baterai Realme 2 Pro sedikit diturunkan menjadi ‘hanya’ 3.500 mAh. Untungnya baterai Realme 2 Pro sudah mendukung charging cepat 10 W meski hanya melalui koneksi port Micro USB (bukan USB Type C).

Realme juga tidak melupakan kaum muda yang bujetnya mepet di bawah Rp 1,5 juta. Khusus segmen value (entry level) ini hadir Realme C1 dengan layar 6.2 inci dengan poni lebar seperti Reame 2. Layarnya masih dengan resolusi HD+ (720p) dan juga diproteksi Corning Gorilla Glass.

Seperti Realme 2, Realme C1 yang berbasiskan OS Android Oreo 8.1 ini diperkuat chipset octa-core Snapdragon 450 yang didukung RAM 2 GB dan internal storage 16 GB, serta baterai besar 4.230 mAh.

Realme C1 juga didukung fitur dual kamera belakang dengan kombinasi 13 MP (f/2.2, AF) dan 2 MP (f/2.4, depth sensor). Untuk selfie, C1 mengandalkan kamera 5 MP (f/2.2, HDR).

Harga adalah faktor penting bagi konsumen muda dalam mebeli ponsel. Untuk ursan harga, ketiga ponsel Realme ditawarkan dengan harga menarik bagi rata-rata kaum muda.

Harga resmi Realme 2 di Indonesia dibanderol mulai Rp 1,999 juta untuk model 3 GB, sedangkan model 4 GB seharga Rp 2,399 juta. Realme 2 tersedia dalam pilihan red diamond, blue diamond, dan black diamond

Harga Realme 2 Pro diatwarkan mulai Rp 2,899 untuk varian RAM 4 GB, Rp 3,299 juta untuk RAM 6 GB, dan varian tertinggi dengan RAM 8 GB dan storage 128 GB seharga Rp 3,699 juta. Realme 2 Pro akan tersedia dalam pilihan warna ice lake, black sea, dan blue ocean.

Terakhir, Realme C1 mungkin cocok menjadi kandidat ponsel sejuta umat. Realme C1 dibanderol hanya Rp 1,499 juta dan tersedia dalam dua pilihan warna, black dan blue. E-commerce Lazada sebagai mitra ekslusif bahkan akan menjualnya seharga Rp 1,399 juta selama masa kampanya promo 11.11.

Penjualan perdana Realme 2 akan digelar di Lazada pada tanggal 16 Oktober mulai pukul 11.00 WIB , sedangkan Realme 2 Pro pada tanggal 23 Oktober, dan Realme C1 dijual pada tanggal 30 Oktober. Tertarik?

Tags: , , , , , , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS