October 10, 2018

Raup Rp116 Miliar, Gogoprint Fokus Kembangkan Inovasi Produk

Penulis: Rizki Romdoni
Raup Rp116 Miliar, Gogoprint Fokus Kembangkan Inovasi Produk  

Mobitekno – Startup percetakan online yang bermarkas di Singapura, Gogoprint, berhasil mengumpulkan US $ 7,7 juta (atau sekitar IDR 116 Miliar) dari investor institusi dan swasta. Pendanaan Seri A dipimpin oleh OPG (Online Printing Group), investor dan mitra di balik kesuksesan Printi.com.br di Brasil. Rangkaian pembiayaan ini disinyalir akan mempercepat roadmap pengembangan produk Gogoprint dan ekspansi regional ke target pasar baru: Australia di H2 2018, diikuti oleh Selandia Baru dan Korea Selatan dalam 12 bulan ke depan.

Gogoprint bekerja sama dengan lebih dari 45.000 usaha kecil dan menengah (UKM) dan perusahaan rintisan di seluruh Asia Pasifik, memproduksi perlengkapan tulis untuk aktivitas bisnis dan materi promosi seperti kartu nama, flyer, brosur, pena dan flash drive. Algoritme teknologi pencocokannya memungkinkan bisnis untuk memproduksi barang berkualitas tinggi yang dapat dipersonalisasi secara mudah dan hemat dengan turnaround yang cepat. Proses ini menggunakan perangkat lunak algoritme eksklusif yang mengelola dan mengakumulasi pesanan klien dan mendistribusikan biaya pencetakan ke ratusan mitra percetakan melalui satu jaringan.

David Berghaeuser, Co-Founder dan Managing Director Gogoprint. “Kami senang mendapat dukungan berkesinambungan dari semua investor yang berbagi visi yang sama dengan kami, yaitu membangun bisnis percetakan online terkemuka di Asia-Pasifik. Selain itu, dukungan mereka memungkinkan kami untuk mempercepat ekspansi global dan pengembangan produk kami di tengah periode pertumbuhan bisnis kami yang luar biasa.”

Pendekatan Gogoprint yang mengutamakan teknologi menjadi solusi bagi masalah utama di industri percetakan yaitu  biaya tetap yang tinggi, serta volume pesanan dari UKM dan startup dengan budget terbatas. Sejak diluncurkan pada tahun 2015, Gogoprint telah mengalami pertumbuhan eksponensial di seluruh pasar termasuk Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia, dengan jumlah staf sebanyak 125 orang dan berencana untuk menambah 30 orang lagi dalam tim mereka.

Saat ini, Gogoprint telah mengalami pertumbuhan year-on-year sebesar 200 persen dalam hal akuisisi pelanggan, menarik lebih dari 45.000 pelanggan dengan lebih dari 250 juta produk. Klien Gogoprint termasuk Honda, Lazada, Lion Air, Yamaha, Nanyang Technological University Singapore dan Booking.com.

Gogoprint juga telah merancang tujuannya untuk menjadi pasar bagi supplier percetakan yang akan memberikan peluang bagi mitra pencetakan mereka untuk menumbuhkan basis pendapatan mereka dan mengoptimalisasi penggunaan mesin cetak sekaligus mempertahankan harga kompetitif untuk klien.

Pemilik dan CEO Itikon Senpaniarak adalah salah satu pemasok Gogoprint di awal berdirinya Gogoprint sekaligus yang pemasok terbesar. Ia berkisah, “Sejak bermitra dengan Gogoprint, perusahaan kami secara konsisten meningkatkan pesanan kami dan melebihi target pendapatan hingga lebih dari 25 persen. Ini adalah kolaborasi yang produktif yang dibangun atas dasar profesionalisme dan dinamisme, dan kami berharap dapat terus bekerja dengan Gogoprint menuju pertumbuhan yang bersifat timbal balik dalam jangka panjang. ”

Tags: , , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS