August 10, 2018

Menkominfo Rudiantara Resmikan Skyegrid, Platform Game Buatan Indonesia

Penulis: Karyo | Editor: Desmal Andi
Menkominfo Rudiantara Resmikan Skyegrid, Platform Game Buatan Indonesia  

Mobitekno – Kebanyakan game-game yang dimainkan saat ini di Indonesia adalah merupakan produk-produk negara lain. Kali ini sebuah  platform game streaming Android  yang merupakan Cloud Gaming buatan Indonesia resmi melucur di Indonesia.

Cloud Gaming  yang diberi lebel Skyegrid ini merupakan platform game streaming yang berbasis Cloud yang menyediakan game AAA lokal. Menariknya  melalui platform ini memungkinkan siapa saja untuk bisa  bermain game triple A (“AAA”) dari apapun perangkat yang dimilikinya—termasuk laptop kerja biasa berbasis Windows, Macbook dan iMac, bahkan ponsel Android.

“Selama ini, untuk memainkan game triple A, kita membutuhkan konsol game, misalnya PlayStation, Xbox, atau PC berspesifikasi tinggi. Tapi, nggak semua orang mampu membelinya. Inilah alasan saya dan teman-teman tergerak untuk menciptakan solusi bernama Skyegrid,” ujar Rolly Edward, CEO Skyegrid, dalam Acara Peluncuran ‘Skyegrid’ di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (09/08/2018).

“Dengan Skyegrid, siapa pun bisa menjadi gamer AAA, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Bermain dari mana saja, kapan saja, tanpa memusingkan perangkat yang harganya mahal, juga system requirement game yang tinggi. Ya, paling tidak punya ponsel Android, itu sudah cukup,” tambah Rollly.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, saat menghadiri peluncuran Skyegrid tersebut  mengungkapkan dukungannnya terhadap paltform game karya anak muda Indonesia tersebut.  “ Ini peluang untuk mengembangkan ekonomi digital,” ujar Rudiantara saat peluncuran Skyegrid tersebut.

Menurut  Rudiantara, ekonomi digital bukan hanya soal e-commerce, tetapi juga termasuk aktifitas ekonomi lainnya yang menggunakan platform jaringan internet. Seperti halnya platform game Skyegrid tersebut. Rudiantara optimis industri game lokal akan tumbuh dan berkembang kedepannya.

Skyegrid tersedia di OS Android, Windows, Mac OS, dan Xbox

Dengan berlangganan Skyegrid, siapapun bebas memilih untuk bermain di platform yang mereka mau, selama itu OS Android (ponsel pintar, tablet), Windows (laptop, desktop PC), Mac OSX (Macbook, iMac, Mac Mini), sampai Xbox One.

“Bagi pengguna perangkat Android atau Android TV, Anda bisa mengunduh Skyegrid di Play Store. Begitu pun pengguna laptop atau PC Windows 10, unduh Skyegrid di Microsoft Store, termasuk pengguna Xbox One. Sedangkan pengguna Macbook dan iMac berbasis Mac OSX, silakan unduh Skyegrid langsung dari App Store,” ujar Rolly.

Sementara itu  menurut Rolly, bagi  pengguna Windows 7 ke bawah, Linux, dan Macbook jadul, tetep bisa memainkan game-game di Skyegrid langsung dari browser Google Chrome dengan  cara cukup buka www.skyegrid.id.

Untuk bisa bermain game di Skyegrid ini pengguna cukup merogoh kocek sebesar Rp 179.000,- untuk satu paket selama 30 hari. Dengan harga sebesar itu menurut Rolly, akan sangat menghemat sekali bagi para gamer bila dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan para gamer pada umumnya saat ini.

Terlebih menurut Rolly, pihaknya  menyediakan lebih dari 50 judul game AAA terpopuler di Indonesia, dari sekitar 25 publisher game ternama dunia, sebut saja Ubisoft, CD Projekt, Epic Games, 2K, dan masih banyak lagi. “Jumlahnya akan terus kami tambah sampai 120 judul game favorit di Indonesia, pada akhir tahun ini,” tegasnya.

Kedepannya menurut Rolly, akan banyak bekerjasama dengan para developer lokal, sehingga pelanggan Skyegrid juga akan dapat menikmati game-game AAA buatan pengembang lokal. Salah satu yang ikut mendukung adalah Digital Happiness, studio game kesohor asal Bandung yang mengembangkan game horor yang sempat viral secara global pada pertengahan tahun 2014 silam berjudul DreadOut.

Menurut Rolly, saat ini selain bisa dimainkan oleh gamer-gamer dari Sabang sampai Merauke, Skyegrid juga sudah bisa dimainkan di sejumlah negara tetangga, termasuk Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

 

 

 

 

 

 

Tags: , , , ,

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

COMMENTS