July 10, 2018

Sambut Hari Koperasi, Astra Gelar Festival KBA di Banjarbaru dan Banjarmasin

Penulis: Desmal Andi
Sambut Hari Koperasi, Astra Gelar Festival KBA di Banjarbaru dan Banjarmasin  

Mobitekno – Kampung Berseri Astra (KBA) kembali dihadirkan PT Astra International Tbk. Kali ini, KBA diadakan di Banjarbaru dan Banjarmasin, Kalimantan. Kampung Berseri Astra ini menjadu wujud nyata kontribusi sosial PT Astra International untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi 4 pilar, yaitu Kesehatan, pendidikaan, lingkungan, dan kewirausahawan.

Dengan adanya KBA di dua kota tersebut, Grup Astra telah memiliki 73 KBA di 34 propinsi di Indonesia. KBA ini pun akan dikembangkan terus sehingga bisa menjadi Desa Sejahtera di 100 kabupaten di Indonesia.

Festival KBA di Banjarbaru dan Banjarmasin ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu 8-9 Juli 2018. Acara ini sekaligus memperingati Hari Koperasi yang jatuh pada 12 Juli. Dan,  acara ini merupakan bagian dari rangkaian Festival KBA yang sebelumnya telah diadakan di Cibinong Jawa Barat, Kupang, dan NTT.

“Festival KBA Banjarmasin ini merupakan puncak dari upaya nyata Astra di bidang kewirausahaan. Acara seperti ini bagus diketahui oleh masyarakat luas, sehingga model kemitraan UMKM yang terapkan Astra dapat dicontoh oleh lainnya untuk mendorong demokrasi ekonomi,” tutur Deputi Untung Tri Basuki.

Dengan mengangkat tema Astra Untuk Indonesia Kreatif, Festival KBA Banjarmasin diharapkan dapat membagikan inspirasi bagi para pelaku wirausaha UMKM dan menggerakkan ekonomi lokal di Kalimantan Selatan. Harapannya, dalam jangka panjang, ketika desa-desa yang sudah dibina dalam pilar kewirausahaan dapat menunjukkan prestasi terbaiknya, maka desa juga akan diperkuat dengan program kesehatan, pendidikan, lingkungan dalam skema KBA untuk mewujudkan masyarakat desa yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Tags: , , , ,


COMMENTS