July 10, 2018

Menolak Disalip Xiaomi, Samsung akan Dirikan Pabrik Ponsel Terbesar di India

Penulis: Iwan RS
Menolak Disalip Xiaomi, Samsung akan Dirikan Pabrik Ponsel Terbesar di India  

Mobitekno –¬†Raksasa elektronik Samsung (Samsung Electronics Co.) belakangan ini mendapat tantangan sengit dari Xiaomi di India sebagai pasar ponsel terbesar kedua dunia. Sebagai salah satu langkah konkret untuk mempertahankan dominasinya di India, Samsung akan membangun pabrik ponsel terbesar dunia dalam waktu dekat ini di negara dengan populasi terbesar di Asia Selatan tersebut.

Pentingnya pendirian pabrik yang berlokasi di Noida, Uttar Pradesh, India ini terlihat dari hadirnya kedua pemimpin negara (Narendra Modi, PM India dan Moon Jae-in, Presiden Korea Selatan) untuk mereksmikan pembangunan pabrik yang rencananya akan selesai 2020 nanti.

Sebagai pengembangan dari pabrik sebelumnya di Noida ini, Samsung telah menyediakan dana hingga US$ 620 juta agar produksi ponselnya meningkat dari 67 juta unit menjadi 120 juta unit per bulan.

Ponsel Samsung yang diproduksi di pabrik India ini diharapkan dapat memenuhi permintaan pasar lokal meski tidak menutup kemungkinan untuk bakal diekspor ke negara lainnya di Asia Barat, Afrika, dan Eropa.

Seperti diketahui, pabrik Samsung yang berdiri tahun 1995 pada awalnya memproduksi hanya memproduksi TV diikuti Lemari Es di tahu 2003. Sesuai dinamika pasar, pabrik ini kemudia juga memproduksi ponsel sejak tahun 2007.

Berdasarkan laporan IDC, pasar ponsel India sepanjang 2017 telah bertumbuh 14 persen dengan total pengiriman (shipment) mencapai 124 juta unit. Tidak mengherankan jika pabrikan ponsel Tiongkok, seperti Xiaomi dan Oppo juga kepincut membangun pabrik di India.

Tags: , , ,


COMMENTS