July 10, 2018

Ingin Tabletnya Lebih Terjangkau, Microsoft Luncurkan Surface Go. Berapa Harganya?

Penulis: Iwan RS
Ingin Tabletnya Lebih Terjangkau, Microsoft Luncurkan Surface Go. Berapa Harganya?  

Mobitekno – Microsoft akhirnya mengumumkan keluarga terbaru dari lini produk Surface yaitu tablet Surface Go. Diklaim sebagai seri Surface paling ringan dan ramping selama ini, Microsfot juga menyatakan jika Surface Go menajdi yang paling murah dari keluarga produk Surface.

Berlayar 10 inci PixelSense display (1800×1200 piksel, 3:2 aspect ratio), Surface Go yang juga mendukung input via Surface Pen (opsional) ini hadir dengan desain yang mirip saudaranya Surface Pro. Misalnya, kickstand bawaan khasnya yang menopang tablet (hingga sudut 165 derajat) jika digunakan dalam mode studio mode (bukan tablet mode).

Salah satu faktor yang membuat Surface Go lebih terjangkau adalah penggnaan prosesor Intel Pentium Gold 4415Y. Prosesor yang dirilis Intel sekitar 18 bulan lalu ini merupakan chip dual-core (4 thread) berbasis arsitektur Kaby Lake. Selain prosesor, dapur pacu Surface Go didukung juga dengan RAM 8 GB dan storage (SSD) 128 GB.

Microsoft Surface Go Microsoft Surface Go

 

Selain itu, tablet ini juga dilengkapi port USB 3.1 Type-C untuk transfer data sekaligus charging, kamera dengan dukungan fitur login Windows Hello, microSD card reader, dan headphone jack 3.5mm. Tersedia juga port Surface Connect untuk charging dan docking. Microsoft juga merilis Signature Type Cover baru yang cocok dengan desain tablet baru ini.

Sayangnya Microsoft belum berniat menjual tablet ini secara resmi di Indonesia dalam waktu dekat. Pasar AS, Kanada, Eropa, Australia, dan Selandia Baru sudah dapat memesannya mulai tanggal 10 Juli 2018. Selanjutnya, diikuti beberapa negara Asia (Jepang, Singapore, Korea, Taiwan, Malaysia, Thailand, Hong Kong, dan Cina) dalam beberapa minggu mendatang.

Diandingkan Surface Pro, harga Surface Go cukup terjangkau untuk kantong kebanyakan konsumen. Model RAM 4 GB dan storage 64 GB dibanderol sekitar US$ 399 (sekitar Rp 5,7 juta), sedangkan model RAM 8GB dan storage 128 GB seharga US$ 549 (sekitar Rp 7,9 juta).

Tags: , , , , ,


COMMENTS