July 10, 2018

Berkat Teknologi PWA, HOOQ Beri Pengalaman Web Seluler Terkini untuk Pelanggan

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Berkat Teknologi PWA, HOOQ Beri Pengalaman Web Seluler Terkini untuk Pelanggan  

Mobitekno – Layanan Video on Demand (VOD) terbesar di Asia Tenggara, HOOQ, meluncurkan pengalaman web seluler terbaru untuk pelanggannya dengan menggunakan Progressive Web Apps (PWA) – teknologi unggulan dari Google. Teknologi ini memungkinkan HOOQ menghadirkan pengalaman berselancar aplikasi melalui website dengan tampilan yang sama di seluruh perangkat  termasuk desktop, ponsel dan tablet.

“Tujuan mengenalkan PWA adalah untuk memberikan pengalaman menarik dan nyaman untuk pelanggan yang menggunakan perangkat low-end ataupun memiliki paket data kecil tetap dapat menikmati layanan HOOQ yang lengkap. Selain itu, kami dapat memberikan kemudahan akses dan jangkauan situs web dengan pengalaman mendalam seperti menggunakan aplikasi untuk pelanggan berinteraksi dengan HOOQ, melihat seluruh konten dan menontonnya tanpa perlu mengunduh aplikasi,” Fleshman menambahkan.

Michael Fleshman, Chief Technology Officer, HOOQ, menyatakan peluncuran PWA ini berdasarkan penelitian bahwa empat dari lima pelanggan mengakses internet setiap hari melalui ponsel mereka dengan penggunaan aplikasi dan situs website hampir sama.

Pada saat yang sama, lanjut Fleshman pihaknya meneliti lebih dari setengah pelanggan yang tertarik dengan HOOQ dan mengunjungi app store, memilih tidak mengunduh aplikasi HOOQ karena keterbatasan paket data internet atau keterbatasan kapasitas penyimpanan pada ponsel mereka.

Hal tersebut menunjukan bahwa memiliki aplikasi seluler hanya melayani 50% dari pengguna ponsel dan menyediakan pengalaman berselancar situs web memungkinkan HOOQ menjangkau lebih banyak pengguna mobile untuk menikmati konten  baik melalui situs web atau aplikasi.

Kini, pelanggan HOOQ dapat menikmati waktu mengunduh yang lebih cepat dan interaksi yang lebih baik bahkan di kondisi jaringan yang tidak menentu. Dengan bantuan fitur pre-caching, PWA HOOQ tetap ter-update sehingga dapat memberikan pelanggan konten premium terbaru saat diluncurkan dan pelanggan juga dapat menyimpan PWA HOOQ di tampilan depan perangkat seluler mereka sehingga memudahkan dalam mengakses HOOQ tanpa harus mengunduh dari app stores.

Berdasarkan data GFK, penetrasi ponsel pintar di negara berkembang di Asia meningkat di mana pada tahun 2017 lebih dari 230 juta ponsel pintar terjual. Sementara pertumbuhan penetrasi ponsel pintar tahun ke tahun mencapai 44% memberikan peluang besar bagi HOOQ untuk tumbuh di Asia Tenggara, lebih dari 60% ponsel yang dimiliki adalah tipe menengah ke bawah.

Pengguna ponsel pintar yang terus tumbuh menyadari keterbatasan ruang penyimpanan di ponsel mereka dan mereka cenderung tidak mengunduh aplikasi. Dengan menghilangkan semua masalah ini, sekarang lebih banyak pelanggan dapat mengakses HOOQ langsung dari URL dan membagikannya ke media sosial, email, sms dan lain-lain dan lupakan rumitnya mengunduh aplikasi dari app store sehingga menghasilkan basis pelanggan potensial yang lebih besar.

Saat ini PWA tersedia di seluruh negara tempat HOOQ beroperasi – seperti Filipina, Thailand, Indonesia, India dan Singapura. Pelanggan dapat menikmati film atau serial  TV Hollywood dan lokal terbaik dengan hanya mengunjungi www.hooq.tv.

Tags: , , ,


COMMENTS