May 10, 2018

Ini Dukungan Qualcomm untuk Percepat Kehadiran Android P di Ponsel

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Ini Dukungan Qualcomm untuk Percepat Kehadiran Android P di Ponsel  

Mobitekno – Qualcomm Technologies, Inc. (QTI), anak perusahaan Qualcomm Incorporated (Qualcomm) baru saja mengumumkan kerja samanya dengan Google untuk menerapkan sistem operasi generasi berikutnya, yakni Android P pada platform Snapdragon pilihan yang dikembangkannya.

Dengan memiliki akses lebih awal ke Android P, Qualcomm akan lebih mudah mengoptimalkan perangkat lunaknya dengan chipset (mobile platform) Snapdragon 845, Snapdragon 660, dan Snapdragon 636. Ini sekaligus untuk memastikan kesiapan pabrikan smartphone untuk “update” ke Android P pada saat diluncurkan nanti.

Sebagai produsen chip berskala besar, Qualcomm mendorong Google untuk meningkatkan siklus upgrade OS yang lebih cepat. Sedangkan bagi pabrikan smartphone, ada upaya untuk membawa peningkatan perangkat lunak (software) terbaru ke tangan konsumen agar lebih cepat daripada rilis Android sebelumnya.

“Kami senang bekerja sama dengan Google untuk mengintegrasikan perangkat lunak kami dengan Android P. Hal ini sekaligus untuk melihat kesiapan pabrikan smartphone menyambut kehadiran Android P,” kata Mike Genewich, Direktur, Manajemen Produk, Qualcomm Technologies, Inc.

Android P dan Snapdragon

Lebih jauh, kerja sama ini diharapkan semakin mempererat hubungan Google dengan Qualcomm dalam memperluas pasar Android. Tak hanya itu, kemitraan ini juga mempermudah pabrikan smartphone untuk meluncurkan perangkat berdasarkan platform Snapdragon.

Kerja sama ini juga disambut gembira oleh Dave Burke, Wakil Presiden Bidang Teknik, Google. Ia menuturkan bahwa Google memiliki inisiatif yang disebut Project Treble. “Ini merupakan arsitektur interface hardware baru untuk Android yang dirancang untuk membuat pembaruan platform lebih mudah dilakukan oleh produsen hardware.” ujar Burke.

Sejumlah pabrikan smartphone, seperti Xiaomi, Vivo, Sony Mobile, OPPO, dan OnePlus juga telah mendapatkan kesempatan untuk menjajal Android P Beta Program di perangkat masing-masing. Misalnya Xiaomi dengan smartphone Mi MIX 2S dan Sony Mobile lewat Xperia XZ2.

Google sendiri berharap, Android P akan tersedia ke tangan konsumen pada akhir tahun ini. Tentu saja kehadiran mobile OS ini sangat ditunggu-tunggu penyuka gadget. Apalagi Google telah menjanjikan akan ada banyak perubahan yang ditawarkan oleh sistem operasi yang hingga saat ini masih punya nama (hanya Android P).

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES