May 9, 2018

Xiaomi dan BP Batam Jamu 20 Pemasok Komponen dalam Supplier Investment Summit

Penulis: Desmal Andi
Xiaomi dan BP Batam Jamu 20 Pemasok Komponen dalam Supplier Investment Summit  

Mobitekno – Acara ini digelar selama dua hari, yaitu tanggal 8-9 Mei 2018. Dalam acara ini, Xiaomi dan BP Batam berusaha menjelaskan pemahaman tentang iklim ekosistem manufaktur di Indonesia kepada 20 pemasok komponen smartphone. Xiaomi berharap para pemasok ini bisa lebih mengerti tentang regulasi yang ada sehingga diharapkan mereka bisa membangun pabrik yang dapat mendorong pasar smartphone, khususnya di Indonesia.

“Kami sangan senaang dapat bekerjasama dengan BP Batam untuk menjamu para supplier global dalam kegiatan Supplier Investment Summit pertama di Batam,” ujar Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region dan Xiaomi Indonesia Country Manager. “Melalui kegiatan ini, kami yakin bahwa para supplier dapat melihat secara langsung besarnya potensi pasar serta memahami iklim investasi di Indonesia, khususnya di wilayah Batam,” lanjut Shi.

Acara Supplier Investment Summit yang pertama kali diadakan di Batam ini juga diisi dengan kunjungan ke pelabuhan laut Batu Ampar dan Bandara Kargo Hang Nadim. Tujuannya agar para supplier ini bisa mengetahui lebih dekat mengenai fasilitasi logistik yang sudah ada.

“Supplier Investment Summit pertama yang diprakarsai oleh Xiaomi ini merupakan sebuah langkah penting dalam menyambut gelombang baru dari investasi asing yang diperkirakan akan memperkuat seluruh proses manufaktur smartphonelokal di Indonesia. Selain jumlah investasi dan lapangan pekerjaan, kita juga perlu mempertimbangkan bagaimana kegiatan ini dapat mempercepat laju transformasi Indonesia untuk menjadi salah satu negara dengan perekonomian digital terbesar di dunia,” kata Lukita Dinarsyah Tuwo, kepala BP Batam. “Ketersediaan infrastruktur, letak geografis yang strategis dan dukungan pemerintah dalam kemudahan perizinan investasi menjadikan Batam sangat siap sebagai tujuan investasi yang kompetitif baik di Asia maupun dunia. Salah satu dukungan BP Batam untuk memudahkan proses investasi asing telah terselenggara melalui program izin investasi 3 jam,” tambah Lukita.

Pada tahun 2017, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) mencatat nilai investasi sebesar lebih dari $1,15 miliar yang berasal dari 73 proyek di Batam tahun lalu. Apabila seluruh supplier komponen smartphone global yang hadir pada kegiatan ini membangun pabrik di Indonesia, nilai investasi yang dihasilkan dapat mencapai $315 juta dan pada saat bersamaan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi 10.000 orang.

 

Tags: , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES