September 8, 2018

The Big Start Indonesia Season 3; Materi Lebih Padat, Hadiah Lebih Besar

Penulis: Rizki Romdoni
The Big Start Indonesia Season 3; Materi Lebih Padat, Hadiah Lebih Besar  

Mobitekno – The Big Start Indonesia Season 3 besutan Blibli.com kembali digelar setelah melalui rangkaian roadshow di 5 kota, Bandung, Yogyakarta, Bali (Denpasar), Surabaya, dan Jakarta. Kali ini, hadiah yang disiapkan The Big Start Indonesia (TBS) Season 3 cukup menggiurkan dari season-season sebelumnya yaitu, total hadiah Rp 1,1 Miliar.

Blibli.com dalam hal ini melihat Jakarta sebagai ibukota dengan potensi UMKM lebih matang dibandingkan kota-kota lain yang disambangi, dan tentunya menghadirkan persaingan lebih ketat. Oleh karena itu, Jakarta menjadi kota ke-5 sekaligus penutup dalam rangkaian roadshow setelah sebelumnya digelar di Bandung, Yogyakarta, Denpasar, dan Surabaya.

Lani Rahayu, Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com menyatakan bahwa tahun ini The Big Start Indonesia Season 3 mengangkat tema “Buktikan Pada Mereka”, yang diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar para pengusaha muda Indonesia untuk mengembangkan bisnis ke skala lebih besar dengan pangsa pasar lebih luas.

“Sejumlah tantangan akan diajarkan secara personal kepada peserta (pemilik perusahaan), apa saja yang mesti dipersiapkan seperti mental, kemampuan presentasi, skill mengembangkan organisasi,” ujar Lani Rahayu saat berbicara kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/9).

Lani Rahayu – Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com, Nicholas Yudha – Founder Monstore & Merchat Blibli.com, dan Ineu Mardiani – Founder Indhe Bags & Pemenang 4 TBS Indonesia Season 2, Mayland Hendar Prasetyo – Head of Marcomm Division 

Kehadiran kompetisi The Big Start Indonesia Season 3 tak lepas dari musim-musim sebelumnya. Evaluasi yang bisa dipetik, menurut Lani adalah konsistensi dari para UMKM. Di musim sebelumnya, beberapa alumni sempat gagap terhadap perubahan kondisi pasar. Maka dari itu, untuk musim ini Blibli.com membuat pendampingan dan juga silabus-silabus yang lebih dipadatkan dari Prasetiya Mulya Business School.

“Mereka belum punya perencanaan bisnis yang matang, itu yang kami ingatkan dan akan dimasukkan ke dalam materi karantina,” kata Lani.

Untuk yang selanjutnya, kata Lani, konsistensi mereka terkait update produk dan scale up bisnis. The Big Start Indonesia Season 3 akan ada semacam kerjasama/kolaborasi untuk memancing mereka melihat opportunity. Contoh konkretnya adalah ‘Special Project’ di malam Grand Final TBS Indonesia Season 3, sebuah proyek yang mempertemukan dua pengusaha kreatif lokal Indonesia untuk membuat produk kolaborasi yang nantinya dipamerkan di malam Grand Final TBS Indonesia Season 3 untuk kemudian dijual secara eksklusif di Blibli.com.

Lani Rahayu – Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com

Sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta di tahun lalu, TBS Indonesia Season 3 tahun ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak pengusaha muda yang berkomitmen mengembangkan usaha mereka, yang kemudian dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha kreatif muda terbaik Indonesia. Peserta yang berhasil lolos akan lanjut ke tahap karantina, di mana mereka dibekali ilmu pemasaran e-commerce, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pajak, serta hukum hingga perlindungan HAKI dan pada akhirnya akan terpilih 4 finalis untuk maju ke Grand Final.

Untuk itu, Blibli.com tidak sendiri. Kehadiran mitra seperti JNE sebagai Platinum Partner, BCA, Prasetiya Mulya Business School, XL Business Solution, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan Kementrian Perindustrian sangat membantu proses kelancaran kompetisi reality The Big Start Indonesia Season 3.

Tags: , , , , ,

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

COMMENTS