August 8, 2018

Suzuki All New Ertiga Support Concept Ternyata Ramah Terhadap Penyandang Disabilitas

Penulis: Desmal Andi
Suzuki All New Ertiga Support Concept Ternyata Ramah Terhadap Penyandang Disabilitas  

Mobitekno – Kenyamanan menjadi salah satu aspek penting bagi produsen untuk menciptakan sebuah kendaraan. Tidak hanya untuk orang dengan kondisi normal saja kenyamanan dibuat, tetapi juga untuk para penyandang disabilitas. Salah satunya diperlihatkan Suzuki dalam booth mereka di ajang pameran Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2018. All New Ertiga Support Concept menjadi salah satu kendaraan yang dipamerkan di booth suzuki sebagai kendaraan yang ramah disabilitas. Hadirnya kendaraan ini di GIIAS 2018 merupakan jawaban Suzuki atas banyak permintaan terhadap kebutuhan konsumen Indonesia akan kendaraan disabilitas.

Dari sebuah riset Badan Statistik Indonesia yang menggambarkaan profil penduduk  pada tahun 2018, terdapat 21.843.408 penyandang disabilitas di Indonesia atau setara dengan 8,56persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. Hal ini tentu menjadi perhatian pemerintah untuk memfasilitasi penyandang disabilitas agar mereka dapat menjaga hidup mereka supaya tetap produktif. Namu, tingginya jumlah disabilitas bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Partisipasi dari stakeholder dan masyarakat juga berperan besar untuk pemberdayaan penyandang disabilitas di Indonesia.

“Berdasarkan riset kami, konsumen berkebutuhan khusus tidak hanya sekedar memiliki keterbatasan fisik tetapi juga yang memiliki masalah terkait usia dan kesehatan. Berdasarkan data tersebut kami memperkenalkan All New Ertiga Support Concept sebagai solusi untuk memudahkan akses mobilisasi mereka melalui mekanisme yang sederhana dan ramah disabilitas,” ujar Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS.

suport2

Kursi penumpang dapat berputar 90 derajat ke arah pintu

Inilah yang menjadi salah satu latar belakang Suzuki untuk menghadirkan All new Ertiga Support Concept di GIIAS 2018. Kendaraan ini didesain ramah terhadap penyandang disabilitas.

“Dengan dihadirkannya mobil All New Ertiga Support Concept dalam ajang GIIAS 2018, kami sebagai salah satu perusahaan otomotif di Indonesia, memberikan perhatian khusus terhadap para konsumen yang berkebutuhan khusus,” kata Yulius.

All New Ertiga Support Concept dilengkapi dengan kursi yang dirancang khusus agar para penyandang disabilitas mudah untuk turun dan naik kendaraan. Kursi yang terletak di sisi penumpang pada baris pertama ini memiliki pergerakan memutar dengan mekanisme manual. Hanya dengan menarik satu tuas, kursi penumpang berkebutuhan khusus ini dapat berputar 90 derajat ke arah pintu.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS