July 8, 2018

Selama 2 Hari, 30 Kreator Lokal Terbaik Unjuk Gigi di MAKERFEST 2018

Penulis: Desmal Andi
Selama 2 Hari, 30 Kreator Lokal Terbaik Unjuk Gigi di MAKERFEST 2018  

Mobitekno – Industri UMKM memang harus terus didorong agar bisa bersaing ketat dengan industri besar yang selama ini kita kenal. Oleh sebab itu adanya event MAKERFEST bisa menjadi ajang independen untuk mencari, mengedukasi, dan menginspirasi para kreator Indonesia. Minggu ini, MAKERFEST 2018 menyambangi Jakarta selama dua hari yaitu tanggal 7-8 Juli 2018.

Sebanyak 30 kreator lokal dari Jakarta dan sekitarnya berkumpul di Taman Bintaro Xchange untuk menjual dan mempresentasikan ide uniknya kepada masyarakat luas. Kreasi mereka mulai dari produk fashion, aksesori, peralatan rumah tangga, hingga moda transportasi dihadirkan dengan konsep dan material yang unik.

“MAKERFEST hadir sebagai panggung online dan panggung offline bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka. Kami berharap ajang ini mampu berkontribusi terhadap penciptaan ekosistem bisnis yang lebih kondusif, sehingga lebih banyak lagi usaha kecil yang dapat tumbuh menjadi industri lalu dari industri menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia,” pungkas Melissa Siska Juminto selaku Vice Chairman MAKERFEST 2018. “Edukasi bisnis berbasis digital merupakan salah satu semangat yang diangkat dalam MAKERFEST. Semoga melalui program ini, kami dapat menemukan serta mengasah bakat dan kemampuan lebih banyak lagi kreator lokal Indonesia, tidak terkecuali kreator lokal berkebutuhan khusus seperti di Cheshire,” lanjut Melissa.

MAKERFEST peserta

Selain bazaar, workshop dan kompetisi, MAKERFEST bekerja sama dengan TopCommunity (sebutan komunitas seller Tokopedia) Jakarta turut menyelenggarakan program  bantuan sosial untuk komunitas difabel yang tergabung di Yayasan Wisma Cheshire. Dalam kesempatan ini,  MAKERFEST dan TopCommunity memberikan pelatihan serta bantuan alat produksi untuk pembuatan produk kerajinan tangan.

MAKERFEST sejauh ini sudah hadir di Medan, Padang dan Jakarta dan akan datang di 5 kota, termasuk Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Di setiap kota, MAKERFEST memberikan edukasi dan pendampingan usaha sehingga kreator lokal mampu lebih siap menghadapi berbagai peluang dan tantangan, termasuk dalam hal strategi bisnis, branding, pemasaran dan permodalan.

Tags: , ,


COMMENTS