February 8, 2018

Datascrip Luncurkan mPOS, Perangkat untuk Dukung Layanan Digital Banking

Penulis: Desmal Andi
Datascrip Luncurkan mPOS, Perangkat untuk Dukung Layanan Digital Banking  

Mobitekno – Beberapa tahun belakangan ini, aura digital begitu kental di industri keuangan. Di era digital seperti saat ini, masyarakat menuntut layanan yang cepat dan mudah dalam melakukan proses keuangan. Di sisi lain persaingan antar-bank semakin tidak terlihat. Hal ini karena dalam dua tahun belakangan ini banyak tumbuh perusahaaan berbasis teknologi atau financial technology. Mereka mampu menembus batas-batas yang selama ini menghalangi perbankan dan lembaga jasa keuangan konvensional lainnya. Oleh sebab itu, dunia perbankan pun harus mampu bertransformasi dengan inovasi-inovasi baru berbasis teknologi.

Melihat keadaan ini, PT Datascrip pun menghadirkan mPOS, sebuah alat buatan PT Len Industri (Persero) sebagai solusi untuk mendukung layanan perbankan secara digital. Perangkat ini mudah digunakan dimanapun dan kapanpun. mPOS yang kependekan dari Mobile Poin Of Sales merupakan perangkat pembaca KTP elektronik yang dilengkapi dengan smart mobile POS untuk melakukan transaksi pembayaran di merchant maupun transaksi perbankan, layaknya menggunakan mesin EDC.

“Selama ini aktivitas perbankan masih identik dengan proses yang rumit, kaku dan membuang waktu. Sebagai contoh untuk membuka rekening bank, calon nasabah harus datang ke kantor cabang, bertemu dengan petugas bank, mengisi formulir, photo copy KTP dan NPW, serta verifikasi data. Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan praktis dengan perangkat mPOS. Nasabah tidak harus datang ke bank, perangkat ini bisa ada pusat perbelanjaan, restoran, atau lewat agen yang ditunjuk pihak bank. Selain aman, mPOS dapat digunakan untuk berbagai transaksi dan layanan perbankan lainnya,” ujar Sylvia Lionggosari, Division Director PT. Datascrip.

Ada empat jenis transaksi yang didukung perangkat ini, yaitu menggunakan magnetic stripe card, IC card, NFC, dan pembayaran melalui barcode dengan bantuan camera scanning. mPOS dapat bekerja lebih stabil karana mendukung koneksi selular dan sistem Android yang sudah dimodifikasi. mPOS juga dapat melakukan transaksi baik offline maupun online.

Dengan bentuk dan ukuran yang ringkas, mPOS sangat mudah untuk dibawa dan digunakan dimana saja. Perangkat ini juga dibekali printer yang secara otomatis mencetak proses transaksi atau layanan perbankan lainnya sebagai bukti transaksi.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES