September 7, 2018

Luncurkan Tablet Galaxy Tab A 10.5, Samsung Ingin Hadirkan Kembali Kebersamaan di Tengah Keluarga

Penulis: Iwan RS
Luncurkan Tablet Galaxy Tab A 10.5, Samsung Ingin Hadirkan Kembali Kebersamaan di Tengah Keluarga  

Mobitekno – Tablet mulai menarik perhatian konsumen sejak Apple meluncurkan tablet pertamanya, iPad, delapan tahun lalu (2010). Hingga kini, Apple sukses menjual semua lini iPad-nya (iPad, iPad Mini, iPad Air, iPada Pro) sebanyak 360 juta unit.

Beberapa tahun belakangan, dominasi Apple di pasar tablet mulai tergerus oleh hadirnya tablet Android yang diwakili oleh Samsung, Huawei, Lenovo, dan Amazon. Sejak 2012, tablet Android 2018 mulai mendominasi pasar dan menguasai 62,1 persen pasar tablet global di awal 2018 ini.

Sebagai produsen tablet Android terbesar saat ini, Samsung masih konsisten menyegarkan lini produk tabletnya meskipun pasar tablet cenderung menurun 3-4 tahun belakangan ini.

Setelah menghadirkan tablet Galaxy Tab S4 pada Agustus lalu, kini Samsung kembali merilis Galaxy Tab A 10,5 inci di Indonesia. Berbeda dari Galaxy Tab S4 yang diposisikan sebagai tablet premium, Galaxy Tab A 10.5 (2018) disasar sebagai tablet untuk keluarga.

Tujuan utama Samsung meluncurkan tablet Galaxy Tab A 10.5 (2018) ini adalah menciptakan kebersamaan di tengah-tengah keluarga anggota. Semakin terjangkaunya ponsel bagi pengguna belakangan juga mempengaruhi pola berkomunikasi, konsumsi konten, dan lain sebagainya di tengah-tengah konsumen (anggota keluarga).

Galaxy Tab A 10.5

Pengguna mulai cenderung lebih sibuk/asyik dengan ponselnya sendiri yang berdampak pula dalam mengurangi ‘quality time’-nya bersama-sama dengan anggota keluarga.

Lalu, bagaimana Samsung menciptakan momen kebersamaan kembali hadir di tengah keluarga? Pada peluncuran Galaxy Tab A 10.5 (2018) di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (6/9/2018) tersebut, Samsung menunjukkan beberapa contoh bagaimana tablet ini dapat menjadi fasilitas untuk menciptakan kebersamaan keluarga.

Entah itu kebersamaan bersama di ruang keluarga saat menikmati konten menarik dengan sistem audio Dolby Atmos yang didukung Galaxy Tab A 10.5, di garasi saat memperbaiki sepeda atau di dapur membuat resep makanan dengan mengikuti video tutorialnya di YouTube.

Selvia Gofar, IT and Mobile Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, dalam sambutannya menyatakan, “Samsung Galaxy Tab A 10.5 membantu konsumen merangkul teknologi guna mengoptimalkan waktu bersama keluarga.”

“Galaxy Tab A 10,5 inci dirancang khusus sebagai perangkat bersama (sharing device) untuk mengoptimalkan waktu bermain dan belajar bagi keluarga. Misalnya melalui layarnya yang lebar (10,5 inci) dan fitur “Kids Mode” untuk mengatur waktu dan akses konten bagi anak,” tambahnya.

Samsung Galaxy Tab A dengan layar 10,5 inci hadir dengan aspect ratio 16:10 yang lebih nyaman dalam menikmati konten bersama-sama. Tersedia juga empat speaker di tiap sudutnya yang telah mendukung sistem audio Dolby Atmos.

Galaxy Tab A 10.5

Tablet ini diperkuat prosesor (mobile platforma) octa-core Snapdragon 450 (CPU: 8x Cortex A53; GPU: Adreno 506) yang didukung RAM 3 GB, dan internal storage 32 GB. Prosesor ini juga digunakan pada ponsel Samsung, seperti Galaxy J8 dan Galaxy A6+ (2018).

Tablet dengan Android 8.1 (Oreo) dan baterai 7300 mAh (Non-removable Li-Po) ini mengusung kamera utama/belakang dan depan berturut-turut dengan sensor 8 MP (AF, f/1.9) dan 5 MP (f/2.2).

Di sisi software, Galaxy Tab A 2018 juga telah menyediakan aplikasi edukatif dan hiburan yang tersedia gratis untuk diunduh, seperti Lego Warner Bros, Filimundus, dan Toca Boca.

Tablet yang sudah tersedia di pasaran dalam warna hitam ini akan dibanderol seharga Rp 4,999 juta. Di segmen harga ini, Galaxy Tab A 10.5 akan berhadapan dengan tablet Mi Pad 4 yang beberapa bulan lalu telah diluncurkan oleh Xiaomi di beberapa negara.

Mi Pad 4 seharga Rp 3,2 juta ditawarkan dengan spesifikasi sedikit lebih baik dengan chipset Snapdragon 660, RAM 3GB/4GB, baterai 6.000 mAh, kamera belakang/depan 13 MP/5 MP.

Namun, tersedianya sejumlah aplikasi keluarga dan layanan purna jual Samsung yang tersebar dan terpercaya tentu dapat menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih Galaxy Tab A 10.5 ini.

Tags: , , , , , , ,

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

COMMENTS