June 7, 2018

Lenovo Z5: Contoh Sesumbar dan Janji Surga Produsen

Penulis: Iwan RS
Lenovo Z5: Contoh Sesumbar dan Janji Surga Produsen  

Mobitekno – Smartphone terbaru Lenovo Z5 sempat menarik perhatian saat pertama kali dibocorkan sosoknya lewat sebuah sketsa. Setelah resmi diperkenalkan di pasar Cina, ada sedikit ‘kejutan’ terhadap ponsel dengan chipset Snapdragon 636 ini.

Kejutannya adalah Lenovo Z5 bukanlah ponsel berdesain memukau dengan layar tanpa bezel seperti yang digambarkan pada bocoran sketsa. Ponsel ini malahan datang dengan desain latah yang mengikuti tren saat ini, yaitu layar poni (notch screen).

Bukan hanya layar poni, janji layar nyaris tanpa bezel di setiap sisi pun tidak terwujud. Lenovo Z5 bahkan lebih mirip ponsel pelopor ‘layar penuh’ Xiaomi Mi Mix series dengan dagu tebal alias memiliki bezel tebal di bagian bawah layar.

Lenovo Z5

Belum diketahui, apa latar belakang Lenovo memberikan ‘janji surga’ kepada konsumen dengan menampilkan desain produk akhir (resmi) yang berbeda dengan sketsa produk. Apakah sekadar untuk menarik perhatian ataukah ada alasan teknis di belakangnya? Yang jelas, ‘sesumbar’ Lenovo ini justru malah menjadi bahan sindiran para netizen.

Lenovo Z5 datang dengan layar IPS LCD 6.2 inci (aspect ratio 19:9, resolusi 2240 x 1080 piksel) dengan proteksi kaca lengkung Gorilla Glass 2.5D.

Dapur pacunya didukung prosesor memengah Snapdragon 636, GPU Adreno 509, RAM 6 GB, dan internal storage 64 GB atau 128GB.

Ponsel dengan baterai 3.300 mAh (fast charging 18 W) ini sudah mmengusung fitur dual kamera (16 MP + 8MP) yang didukung teknologi AI. Untuk kamera depan (selfie) dipasang sensor berkualitas 8 MP.

Ponsel yang sudah menjalankan Android 8.0 Oreo (dengan interface ZUI 4.0) dijanjikan akan dapat di-update ke Android 9.0 P.

Satu hal yang mungkin menarik dari ponsel ini adalah harganya. Harga Lenovo Z5 dimulai dari 1.299 Yuan (sekitar Rp 2.8 juta) untuk model 6GB/64GB, dan 1.799 Yuan (sekitar Rp 3,8 juta) untuk model 6GB/128GB.

Apakah Lenovo Z5 akhirnya juga akan masuk pasar Tanah Air? Semoga saja mengingat pabrikan ini sudah cukup lama belum memperbarui berbagai lini smartphone-nya.

Tags: , , , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS