May 7, 2018

ASRock Belum Diizinkan AMD Jualan Graphics Card di Pasar Eropa. Kenapa?

Penulis: Iwan RS
ASRock Belum Diizinkan AMD Jualan Graphics Card di Pasar Eropa. Kenapa?  

Mobitekno –¬†Sebulan lalu, ASRock masuk ke pasar graphics/video card sebagai mitra ekslusif AMD. Namun, perkembangan terbaru sepertinya menunjukkan hal yang kontradiktif.

Pasalnya, produsen motherboard, PC, dan server asal Taiwan ini melalui sales managernya melaporkan bahwa AMD melarang pasar graphics dijual di pasar Eropa.

Kabar larangan yang pertama dipublikasikan oleh Tom’s Hardware ini tidak menjelaskan alasan kenapa AMD belum memberi izin ARock berjualan graphics card di pasar Eropa.

Larangan menjual merek/brand graphics card tertentu di suatu kawasan (regional) bukan hal baru baru bagi AMD. Selain ASRock, merek/brand, seperti Colorful atau Colorfire yang juga tidak dijual di Europa. Banyaknya partner/merek yang menggunakan GPU AMD Radeon mugkin menjadi salah satu pertimbangan AMD dengan larangan ini.

Alasan lain kemungkinan karena AMD ingin mengantisipasi lonjakan permintaan GPU dari mitra AIB (add-in board) untuk aktivitas cryptocurrency mining.

Pembatasan merek graphics card yang boleh dijual ini direspons oleh VideoCardz yang menyebut kebijaksaan AMD ini bertentangan dengan kampanye jualan AMD, yakni “Freedom of Choice in PC Gaming”.

Menurut VideoCardz, para konsumen (di Eropa) seharusnya mendapat kebebasan memilih produk yang sesuai dengan kirterianya (harga terjangkau, dan lain-lain).

Meski demikian, bagi konsumen yang ingin menggunakan graphics card ASRock masih dapat membelinya dengan kompromi harga yang lebih mahal (ekstar pajak dan biaya shipping).

Tags: , , , ,


COMMENTS