March 7, 2018

Masih Kangen Keyboard QWERTY Fisik? Nokia Satu Ini Mungkin Bisa jadi Pelipur Lara

Penulis: Iwan RS
Masih Kangen Keyboard QWERTY Fisik? Nokia Satu Ini Mungkin Bisa jadi Pelipur Lara  

Mobitekno – Cukup menarik melihat sepak terjang HMD Global yang ingin membangkitkan kembali kejayaan ponsel Nokia di Indonesia. Misalnya saja, saat mereka meluncurkan smartphone premium Nokia 8 bulaln lalu di Tanah Air dengan harga yang relatif menarik (Rp 6,5 juta).

Sebelumnya, beberapa seri ponselnya yang mudah diingat tersebut mulai eksis di pasar lokal (Nokia 3, Nokai 5, Nokia 6). Kini, perlahan tapi pasti, produsen asal Finlandia tersebut juga mulai menggarap ponsel yang mengandalkan aspek nostalgia.

Setelah meluncurkan Nokia 8110 4G (Nokia Pisang 2018) yang menggoda kenangan lama pengguna ponsel ‘zaman old’, HMD Global juga dikabarkan sedang menyiapkan ponsel dengan keyboard QWERTY fisik.

Berbeda dari Nokia 8110 4G yang belum diketahui kapan diluncurkan di Indonesia, ponsel dengan keyboard QWERTY dengan tombol fisik yang mirip ponsel Nokia klasik E72 (2009) ini dikabarkan akan siap meluncur di pasar Tanah Air.

TA-1047

Ponsel yang diketahui telah mendapatkan sertifikat TKDN ((Tingkat Komponen Dalam Negeri) awal bulan Maret ini diidentifikasi memilki nomor model Nokia TA-1047. Ponsel yang sudah mendukung konektivitas 4G LTE itu diketahui telah mengantongi sertifikat bernomor 222/ILMATE/TKDN/3/2018.

Sertifikat yang diajukan oleh PT. Erajaya Swasembada Tbk ini menunjukkan jika Nokia TA-1047 telah memiliki nilai TKDN 31.16% yang berarti telah memenuhi syarat utama untuk dapat dipasarkan di Tanah Air. Berbeda dari Nokia 8110 4G yang masih menggunakan keypad klasik feature phone, Nokia TA-1047 akan dibekali keyboard QWERTY.

Selain mendukung 4G LTE (band 5, 7 dan 38), Nokia Nokia TA-1047 juga dikabarkan menyediakan konektivitas dual SIM, Bluetooth v4.2, Wi-Fi, dan radio FM. Apakah Nokia TA-1047 ini juga akan menggunakan sistem operasi KaiOS seperti yang digunakan untuk Nokia 8110 4G masih belum dapat dipastikan.

Yang pasti, hadirnya ponsel dengan desain dan fitur unik/tersediri akan berdampak positif bagi konsumen. Pengguna akan diberikan lebih banyak pilihan ponsel sesuai kebutuhan dan seleranya dan tidak harus memilih smartphone yang meskipun makin canggih semakin mirip desainnya.

Tags: , , , ,

  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares

COMMENTS