March 7, 2018

Fungsi AR Cerdas dari Google Lens akan Tersedia untuk Semua Ponsel Android

Penulis: Iwan RS
Fungsi AR Cerdas dari Google Lens akan Tersedia untuk Semua Ponsel Android  

Mobitekno – Setelah pengguna Pixel, Pixel 2/XL sudah menikmati kecerdasan aplikasi Google Lens, raksasa search engine tersebut akhirnya menyediakan fasilitas AR (Augmented Reality) dan pengidentifikasi objek cerdsa untuk semua ponsel Android di luar Pixel.

Berdasarkan informasi terakhir, fungsi-fungsi Lens akan dapat diakses melalui aplikasi Google Photos yang merupakan layanan cloud storage Google untuk menyimpan foto dan video.

Pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2017, Google Lens dirancang untuk menyediakan informasi tambahan bagi pengguna ponsel terkait suatu obejk atau subjek tertentu melalui analisis visual.

Google Lens

Misalnya, pengguna dapat mengarahkan kamera ponselnya ke suatu barcode atau QR code yang berisi informasi Wi-Fi dan Google Lens akan secara otomatis menghubungkan ponsel pengguna ke hotspot.

Bagi turis, fungsi identifikasi objek (gedung, lokasi) dari Lens juga sangat berguna saat sedang berlibur di suatu tempat wisata. Lens secara otomatis akan mengindentifikasinya dan memberikan informasi tambahan mengenai objek atau lokasi wisata tersebut.

Dengan kata lain, Google punya rencana besar untuk Lens dalam ‘memperkaya’ database raksasanya, sekaligus mengaplikasikannya untuk risetnya di machine/deep learning lebih lanjut.

Pada MWC 2018 yang baru lalu, Google pun memamerkan kemampuan Lens terbaru yang berkaitan dengan teknologi AR (ARCore technology) untuk implementasi lainnya.

Contoh sederhanya adalah aplikasi untuk bidang interior. Di sini, pengguna dapat menambahkan (secara virtual) satu set kursi dan meja tamu lengkap untuk melihat cocok tidaknya di ruang tamu. Contoh lainnya, misalnya saat pengguna ingin melihat kecocokan warna suatu benda yang ingin diganti catnya.

Setelah hadir di paltform Android, Lens juga akan tersedia untuk platform iOS dalam beberapa minggu mendatang. Strategi untuk menyasar dua platform besar ini juga dilakukan Microsoft yang belakangan ini gencar menyediakan aplikasi/layanan yang tersedia di Android dan iOS tapi perlahan-lahan mulai mengabaikan paltform mobile-nya (Windows 10 Mobile).

Tags: , , , , ,

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

COMMENTS