February 7, 2018

Versi Terbaru Opera 51 Diklaim Jauh Lebih Cepat dari Firefox 38. Seberapa Cepat?

Penulis: Iwan RS
Versi Terbaru Opera 51 Diklaim Jauh Lebih Cepat dari Firefox 38. Seberapa Cepat?  

Mobitekno – Browser Opera yang cukup diingat dengan tagline-nya ‘The Fastest Browser on Earth’ baru saja merilis versi terbaru Opera 51.0 untuk tiga platform sekaligus (Windows, Mac, dan Linux).

Selain fitur baru, Opera 51 versi Windows disebut telah membawa sejumlah peningkatan, utamanya performa browsing (selancar) di sistem Windows. Opera mengklaim browser versi terbaru ini 38 persen lebih cepat dari browser Firefox 58.

Opera mengkomparasi performanya dengan Firefox karena browser besutan Mozila tersebut baru saja mengalami perubahan performa signifikan sejak Firefox 57. Salah satunya berkat penggunanaan engine baru Quantum.

Salah satu alasan peningkatan performa Opera 51 versi Windows (dibandingkan versi sebelumnya) dijelaskan oleh Krystian Kolondra, EVP Desktop Opera adalah karena kode pemrogramannya yang kini di-complie menggunakan compiler Clang.

Sebagai argumen atas klai ini, Opera menggunakan benchmark Speedometer 2.0 untuk menguji kedua browser yang berjalan pada notebook HP Spectre dengan sistem Windows 10. Hasilnya, Opera 51 mencatatkan skor 38% lebih baik dari Firefox 58.

Opera 51

Peningkatan juga ditemui saat navigasi halaman web. Pengguna dapat berpindah dengan cepat ke bagaian paling atas halaman web hanya dengan menekan tombl [Tab]. Penekanan sekali lagi tombol [Tab] akan mengembalikan layar ke posisi sebelumnya.

Modul Bookmarks manager juga telah menyediakan fungsi impor dari browser lain yang melengkapi fungsi ekspor bookmark yang sudah ada. Sebelumnya, fitur ini hanya dapat diaskes via menu Opera menu.

Selain berbagai fitur baru lainnya yang dapat dilihat lebih lengkap di web Opera blogs, Opera 51 juga telah meyediakan cara untuk melakukan reset setting, backup, dan restore profile browser dengan cepat dan mudah.

Caran untuk reset setting di browser Opera versi Windows adalah melalui menu “Settings | Browser | Reset browser settings…”. Selanjutnya, semua data settings (kecuali bookmarks, history, dan passwords) akan terhapus.

Untuk meng-update browser ke Opera 51.0, akses menu Opera dan pilih “About Opera”. Apabila proses update gagal, kunjungi saja website-nya secara langsung dan download file installer-nya.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES