February 7, 2018

Dukung Google Assistant, Alexa, dan Cortana, Printer HP Bisa Diperintah dengan Suara

Penulis: Iwan RS
Dukung Google Assistant, Alexa, dan Cortana, Printer HP Bisa Diperintah dengan Suara  

Mobitekno – Voice commmand atau perintah suara merupakan salah satu sarana agar pengguna dapat berinteraksi dengan mesin (smartphone, OPC, notebook, robot). Semakin maraknya penerapan digital assistant pada perangkat pintar, membuat metode interaksi melalui perintah suara semakin dianggap penting bagi berbagai pihak.

Salah satu yang menggangap fitur voice command penting ke di masa mendatang adalah produsen printer HP. Belum lama ini, HP mengumumkan rencana menghadirkan voice assistant ke beberapa lini printernya.

Dengan kata lain, pengguna tidak perlu repot-repot menjalankan PC, notebook, smartphone untuk mencetak. Cukup dengan perintah suara, printer dapat memahami kemauan pengguna.

Sebagai langkah awal, HP akan mendukung voice (digital) assistant yang populer saat ini pada printernya. Voice (digital) assistant yang didukung antara lain Google Assistant, Amazon Alexa, dan Microsoft Cortana.

Menurut HP, voice assistant akan dapat menerima perintah, seperti informasi isi tinta, panduan setting printer sebelum proses cetak, dan lain-lain. Tersedia pula peritah yang spesifik pada jenis voice assistant-nya.

Misalnya jika yang digunakan adalah Google Assistant, pengguna dapat memintanya untuk mencetak ‘Google Calendar’. Sedangkan jika menggunakan asistem Alexa, pengguna dapat menita printer untuk mencetak daftar belanja.

Fitur voice command baru akan dihadirkan HP untuk pengguna printer bisa (rumahan) dan bukan ditujukan untuk pengguna di kantor. Apabila strategi ini mendapatkan respons positif, boleh jadi HP akan menerapkannya untuk berbagai perangkat lainnya.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES