December 6, 2018

Selain Dukungan Tiga Kementerian RI, 300+ eCommerce Juga Siap Meriahkan Harbolnas 2018

Penulis: Rizki Romdoni
Selain Dukungan Tiga Kementerian RI, 300+ eCommerce Juga Siap Meriahkan Harbolnas 2018  

Mobitekno – Segala persiapan untuk menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 sudah mendekati kata selesai. Acara yang sedianya digelar pada 11 dan 12 Desember 2018 mendatang merupakan puncak dari berbagai pesta belanja online yang sudah digelar sejak September lalu. Membawa jargon “Belanja untuk Bangsa”, Harbolnas 2018 akan memasarkan ribuan produk lokal dengan edisi khusus produk lokal yang berlangsung pada 11 Desember 2018.

Selain membantu mendorong peningkatan penjualan produk lokal, Harbolnas 2018 juga didukung oleh tiga kementerian sekaligus, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Bahkan, untuk pertama kalinya Asosiasi eCommerce Indonesia (idEA) juga memberikan dukungan penuh atas keberlangsungan Harbolnas 2018.

Ketua Panitia Harbolnas 2018, Indra Yonathan mengatakan bahwa seluruh kategori produk itu akan dipasarkan melalui lebih dari 300 e-commerce peserta Harbolnas 2018. “Harbolnas sebagai festival belanja online terbesar di Indonesia berkomitmen untuk mempromosikan produk lokal dan mendorong lebih banyak UMKM agar dapat merasakan keuntungan dan manfaat lebih dari perdagangan digital,” katanya saat memberikan sambutan di Jakarta, Rabu (5/11).

“Melalui Harbolnas 2018 ini para produsen produk lokal dapat merasakan pengaruh bisnis dari kemeriahan acara Harbolnas beriringan dengan pemain-pemain e-commerce besar, sehingga para produsen lokal dapat lebih memahami kelebihan pemasaran dengan platform online,” ujar Indra Yonathan, yang juga selaku Country Head of Shopback Indonesia.

Saat disinggung mengenai volume transaksi dan target yang ingin dicapai, menurut Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri M. Haris Budiman untuk saat ini perkembangan transaksi eCommerce porsinya masih 10-20%, terbilang kecil. Namun bila kita lihat sisi petumbuhannya sangat luar biasa.

Harbolnas 2018 telah resmi diluncurkan dan siap digelar dengan meriah yang turut diikuti oleh lebih dari 300 e-commerce di Indonesia.

“Pertumbuhan yoy bisa sampai dua kali lipat, potensinya masih sangat besar. Maka dari itu, dengan adanya event ini kami sangat mendukung dan kami dorong lagi agar transaksinya lebih tinggi lagi,” ujar Haris.

Haris juga menambahkan bahwa jumlah transaksi dan volume pembelian itu diatas 90%, artinya memang event ini paling ditunggu-tunggu dan puncaknya belanja di eCommerce.

Dalam perhelatan Harbolnas kali ini, Bank Mandiri membawa tiga dukungan langsung untuk konsumen. Pertama, sebagai bank lokal (milik BUMN) Mandiri memiliki visi dan misi yang sejalan dengan jargon Harbolnas 2018, yakni bersama-sama memakmurkan negeri, sama-sama mendukung kemajuan bangsa.

“Kedua, kami menyiapkan sistem pembayaran (cashless) produk untuk mendukung kenyamanan pembayaran, ada juga produk eCash. Lalu, ketiga, kami support promosi dan program-program kepada pelanggan kami, dimana total pengguna kartu debit 14 juta dan kartu kredit sekitar 4 juta. Itu yang akan kami promosikan ke pelanggan kami,” jelas Haris

Selain itu, Adapun promo yang diberikan pada Harbolnas tahun ini, adalah potongan harga hingga 95% serta cashback hingga 120% dari ShopBack. Sementara itu, Bank Mandiri sebagai penyedia utama channel pembayaran non tunai untuk transaksi di Harbolnas 2018 menawarkan serangkaian program promo menarik untuk kenyamanan masyarakat saat berbelanja, terutama pemegang Mandiri Debit dan Mandiri Kartu Kredit. Program promo tersebut antara lain diskon hingga 93% di e-commerce peserta Harbolnas, kesempatan mendapatkan cashback hingga Rp1.212.000,- (1,212 juta rupiah) dan Cicilan 0% hingga 12 bulan untuk pemegang Mandiri Kartu Kredit.

Harbolnas 2018 didukung penuh oleh pemerintah melalui tiga kantor kementerian yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika. Harbolnas 2018 juga diikuti lebih dari 300 e-commerce, seperti Lazada, Shopee, Blibli, Elevenia, Zalora, serta didukung oleh Bank Mandiri dan Midtrans sebagai official sponsor, CIMB Niaga, Facebook, Jaringan Prima, IMX, PopBox PopExpress dan JET sebagai official partner dan ShopBack sebagai official cashback partner.

Tags: , , , ,


COMMENTS