May 6, 2018

Kurang dari Dua Bulan, Game Fortnite versi iOS Raup Pendapatan US$ 50 Juta

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Kurang dari Dua Bulan, Game Fortnite versi iOS Raup Pendapatan US$ 50 Juta  

Mobitekno – Fortnite, game bergenre survival (battle royale) yang dikembangkan oleh Epic Games dan People Can Fly sukses meraup pendapatan lebih dari US$ 50 juta dalam waktu kurang dari dua bulan. Setidaknya, itulah laporan yang diungkap oleh Sensor Tower.

Keberhasilan Fortnite meraup keuntungan ini tidak bisa dianggap remeh. Saat masih berstatus beta, game ini sanggup mearaih pendapatan sebesar US$ 1,5 juta. Hal mengejutkan lainnya, hanya dalam waktu satu bulan setelah dirilis resmi, Fortnite berhasil meraup pendapatan sebesar US$ 25 juta. Artinya, game ini hanya hanya membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk menggandakan pendapatannya hingga sekitar US$ 50 juta.

Meskipun game ini dapat diunduh secara gratis, pengembang cukup sukses me-monetize-nya untuk mendapatkan keuntungan. Caranya, Fortnite memanfaatkan model freemium yang hingga saat ini masih populer.

Sensor Tower - Fortnite

 

Dengan model seperti itu, Fortnite menggoda para pemainnya untuk berlomba-lomba membeli mata uang yang dikenal dalam game ini dengan sebutan “V-Bucks”. Lewat mata uang ini, pemain dapat membeli berbagai barang (item) tambahan yang diperlukan.

Hasilnya, tak sedikit pemain yang terpancing untuk membeli V-Bucks dan tercatat pendapatan yang diraih oleh Fortnite rata-rata sekitar US$ 1 juta setiap harinya. Hingga saat ini, pendapatan yang diraih belum menunjukkan tanda-tanda akan melambat/menurun.

Bukan hanya itu, Epic juga mampu meramu banyak event yang menarik dalam game ini. Sebagai contoh, Epic membuat event permainan bertajuk Battle Passes yang digulirkan dalam satu musim. Bagi yang berminat, dapat membayar seharga 950 V-Bucks (setara US$ 10).

Event ini pun disebut-sebut menjadi salah satu ‘ladang uang’ terbesar bagi Fortnite. Setelah event tersebut diluncurkan awal pekan ini, banyak pemain yang konsumtif dengan berbelanja berbagai item. Tercatat lonjakannya mencapai 293 persen.

Seperti telah disebutkan, Fortnite versi mobile kini hanya baru tersedia di perangkat berbasis iOS. Namun pengembangnya telah mengonfirmasi sedang menggarap Fortnite untuk perangkat berbasiskan Android.

Kapan akan diluncurkan Fortnite untuk smartphone Android? Menurut Epic, dukungan untuk perangkat Android baru akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang. Sensor Tower memprediksi jika pendapatan Fortnite versi mobile akan dapat melewati angka US$ 500 juta pada akhir tahun ini. Hal ini sangat mungkin tercapai jika versi Android-nya telah tersedia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES