May 6, 2018

Usai Kuasai Bisnis PC Fujitsu, Lenovo Juga Bidik Toshiba?

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Usai Kuasai Bisnis PC Fujitsu, Lenovo Juga Bidik Toshiba?  

Mobitekno – November 2017 lalu, Lenovo Group Ltd. mengumumkan akan mengambil alih bisnis PC dari Fujitsu Ltd. Pengambilalihan ini diwujudkan dengan membentuk joint venture, dimana raksasa PC Tiongkok tersebut akan menjadi pemegang saham mayoritas.

Kini, proses akuisisi sudah hampir kelar dengan Lenovo akan menguasai 51 persen saham bisnis PC di Fujitsu dan 44 persen masih dikuasai oleh Fujitsu sendiri. Sisanya (5 persen) akan dipegang oleh bank milik pemerintah Jepang (Development Bank of Japan).

Penggabungan ini juga mencakup sejumlah perjanjian yang mesti dijalankan oleh kedua belah yang meliputi manufaktur, distribusi, lisensi merek, serta penelitian dan pengembangan.

Di masa mendatang, PC yang diproduksi dari perusahaan joint venture ini masih tetap menggunakan merek Fujitsu. Selain itu, Fujitsu juga masih akan memberikan dukungan purna jual yang selama ini telah dijalankannya.

Fujitsu adalah produsen PC terbesar kedua yang telah diakuisisi oleh Lenovo. Tahun 2005 lalu, Lenovo juga membuat kejutan di industri PC dengan keberhasilannya mengakuisisi divisi PC dari raksasa IBM.

Hingga kini, Lenovo masih menjadi salah satu produsen PC terbesar di pasar global. Selain itu, Lenovo juga punya bisnis yang terus bergerak di industri mobile. Yang tak bisa dilupakan banyak orang di industri ini adalah keberhasilan Lenovo mengakuisisi Motorola pada 2014 lalu.

Belakangan, Lenovo mengakui bahwa akuisisi Motorola dengan harapan bisnis smartphone-nya kian moncer justru belum menjadi kenyataan hingga saat ini. Hal ini terbukti dari bisnis smartphone Lenovo di pasar global yang masih kalah jauh dengan rivalnya dari Cina, seperti Huawei, Xiaomi, dan Oppo.

Akankah hasrat Lenovo mencaplok perusahaan akan berhenti dengan selesainya akuisisi divisi PC Fujitsu? Tidak ada yang dapat memastikan. Pasalnya, Lenovo yang tahu lalu melaporkan pertumbuhan pendapatan tertinggi selam dua tahun terakhir ini diketahui juga mengincar produsen PC dari Jepang lainnya, yakni Toshiba.

Minat Lenovo mengincar Toshiba mulai terhembus pada akhir tahun lalu saat Asustek dilaporkan juga berminat membeli bisnis PC Toshiba yang pasarnya tergolong kuat di Amerika Serikat dan Eropa. Siapa yang berhasil mengambil alih Toshiba nanti? Kita tunggu saja.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES