April 6, 2018

Kini Pengguna Facebook Bisa Hapus Data Pribadi Secara Permanen

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Kini Pengguna Facebook Bisa Hapus Data Pribadi Secara Permanen  

Mobitekno – Facebook telah meluncurkan sejumlah fitur privasi baru untuk membantu penggunanya menghapus data pribadi mereka atau memantau bagaimana data itu dikumpulkan. Chief Privacy Officer Facebook, Erin Egan, menulis dalam sebuah blog bahwa perusahaan ingin menjadikan pengguna bisa “mengendalikan” data pribadi mereka usai kasus skandal Cambridge Analytica.

Dia mengatakan bahwa Facebook juga akan menerima keluhan soal pengaturan privasi dan alat penting lainnya yang sulit ditemukan.

Salah satu fitur terbaru ini disebut “Access Your Information” yang memungkinkan sesorang dapat mengelola data mereka seperti komentar dan daftar pencarian. Pengguna juga dapat secara permanen menghapus “apapun” dari timeline atau profil mereka.

Pada perangkat seluler, The Guardian mengatakan Facebook telah mengumpulkan semua pengaturan privasi ke dalam satu menu. Namun, raksasa media sosial itu belum mengubah cara pengguna menghapus profil mereka secara permanen, karena opsi tersebut masih belum tersedia.

Banyak fitur privasi baru yang diperlukan oleh General Data Protection Regulation (GDPR), yang merupakan pengatur data baru EU yang mulai berlaku pada 25 Mei.

Panduan baru ini akan menekankan soal “bagaimana organisasi menangani data publik”, dan juga akan menerapkan “hukuman yang lebih keras” untuk pelanggaran data.

Tags: , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES