September 5, 2018

Android Pie Siap Hadir di Ponsel Flagship Galaxy S9 dan Xperia XZ3

Penulis: Iwan RS
Android Pie Siap Hadir di Ponsel Flagship Galaxy S9 dan Xperia XZ3  

Mobitekno – Sistem operasi (OS) mobile terbaru Google, Android 9 Pie, telah diluncurkan sekitar sebulan lalu untuk digunakan produsen/OEM pada produk smartphone/ponselnya.

Sejauh ini baru beberapa ponsel yang sudah mendapatkan Android Pie, misalnya Google Pixel series (Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL) dan Essential phone (Essential PH-1). Menurut catatan Google, baru sekitar 0,1 persen ponsel Android yang berbedar yang menjalankan Android OS terbaru tersebut.

Essential Phone

Persentase ponsel Android Pie diperkirakan bakal meningkat dalam beberapa bulan ke depan tahun ini setelah beberapa produsen/OEM siap menggulirkannya, baik untuk pada ponsel yang sudah beredar atau ponsel yang akan diriluis nanti.

Hampir semua produsen ponsel Androdi telah menyatakan kesiapannya menyediakan update Android 9 Pie ini, mulai dari Samsung, LG, Huawei/Honor, Asus, Xiaomi, Oppo, Vivo, Nokia, BlackBerry, hingga OnePlus.

 

Kini, Samsung diketahui telah siap dengan update OS Android 9 Pie untuk flagship-nya, Galaxy S9, yang dirlis akhir Februari 2018 lalu. Informasi ini diketahui berdasarkan data yang termuat di GFXBench yang menunjukan penguji OS terbaru Google pada mobile device Samsung.

Selain Samsung, produsen asal Jepang, Sony, juga diketahui bersiap meluncurkan ponsel flaghsip Android Pie penantang Galaxy S9, yaitu Xperia XZ3. Sayangnya, Xperia XZ3 yang baru diumumkan di ajang IFA 2018 Berlin ini baru dipasarkan di beberapa negara saja.

 

Android Pie menawarkan sejumlah fitur baru dan penyempurnaan/perbaikan yang sebagian melibatkan teknologi AI dan machine learning. Diantaranya, Quick Toggle, Black Status Bar untuk layar poni (notch), Adaptive Battery, Adaptive Brightness, App Actions & Slices, Shush mode, Wind Down, Android Dashboard, App Timer, metode screenshot dan screen rotation baru, Smart Text Selection, dan lain-lain.

Tags: , , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS