March 5, 2018

‘Main Aman’, Oppo R15 Juga Contek Layar Poni iPhone X

Penulis: Iwan RS
‘Main Aman’, Oppo R15 Juga Contek Layar Poni iPhone X  

Mobitekno – Setelah mengikuti peluncuran beberapa smartphone di ajan MWC 2018, Barcelona, nampak jelas jika desain layar iPhone X dengan notch atau layar poni perlahan mulai diadopsi beberapa produsen smartphne Android OS.

Apple sebenarnya bukanlah produsen pertama yang menerapkan layar notch pada smartphone-nya. Sebelumnya, Essential Phone (Essential PH-1) dan Sharp Aquos S2 yang dirilis tahun lalu juga sudah mengadopsi layar sejenis, meski dengan sedikit perbedaan desain (notch lebih kecil).

Meski bukan yang pertama, Apple acap kali menjadi penentu trendsetter di dunia smartphone. Setidaknya dalam beberapa inovasi/desain ponsel yang terjadi dalam beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari membuang keyboard fisik, audio jack, hingga yang terakhir mengusung layar poni.

Oppo R15 Oppo R15

Setelah Asus mengumumkan Zenfone 5 berlayar poni di MWC 2018, sontak terdengar jika berbagai produsen/vendor smarphone sudah bersiap mengumumkakan smartphone terbarunya dengan desain layar yang sama (layar poni).

Kecuali Samsung, lima besar produsen smartphone global (Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo) hampir pasti akan meluncurkan smarphone berlayar poni. Vivo bahkan sudah terang-terangan memasang billboard smartphone mendatangnya berlayar poni, V9, di kota Pangkal Pinang, Bangka, Indonesia.

Kabar terbaru, Oppo pun mulai menggoda konsumen Tiongkok dengan teaser baru flagship terbarunya, Oppo R15, yang datang dengan layar poni. Selain layar poni, Oppo R15 (dan juga Oppo R15 Plus) juga mengikuti tren lainnya, yaitu layar langsing/jenjang (aspect ratio 18:9).

Helio P60

Hal menarik lainnya dari Oppo R15 adalah dukungan chipset anyar dari MediaTek Helio P60 yang juga baru diumumkan di MWC 2018 lalu. Chipset octa core yang dibuat melalui proses pabrikasi 12 nm yang terdiri dari empat core CPU Cortex-A73 (2 GHz) dan empat core CPU Cortex-A53 (2 GHz), serta GPU Mali-G72 MP3.

Dipilihnya chipset Helio P60 untuk Oppo R15 salah satunya dilatarbelakangi kemampuan barunya dalam komputasi AI (NeuroPilot) yang marak diimpletasikan di smartphone untuk berbagai kebutuhan (kamera dan lain-lain). Menurut MediaTek, performa Helio P60 disebut 70 persen lebih baik dari chipset pendahulunya, yaitu MediaTek Helio P30.

Apakah R15 dan R15 Plus juga akan diluncurkan di Indonesia menemani saudaranya Oppo F-series? Kita lihat saja dalam beberapa bulan mendatang.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS