February 5, 2018

Hengkang dari E-Commerce Elevania, Operator XL Axiata Sasar Bisnis Pay TV

Penulis: Iwan RS
Hengkang dari E-Commerce Elevania, Operator XL Axiata Sasar Bisnis Pay TV  

Mobitekno – Operator seluler XL Axiata (PT XL Axiata Tbk) yang tahun lalu sudah mundur dari bisnis e-commerce Elevenia denganmelepas sahamnya ke Salim Group, mulai bersiap-siap menyasar sektor baru yang dianggap dapat meningkatkan bisnisnya di tanah Air.

Salah satu yang akan digarap XL Axiata adalah sektor Pay TV. Selain Pay TV, dua sektor lainnya, yaitu jaringan broadband dan fixed line business juga akan dirambah oleh operator swasta pertama di Indonesia tersebut.

Dian Siswarini, Presdir XL Axiata menyatakan bahwa sejumlah investasi yang akan digunakan untuk melakukan pembelian perusahaan atau merger dengan ‘existing player’ di industri terkait.

Menurut Dian, seperti dikutip dari Tempo, langkah pembelian dan merger dianggap lebih baik dan cepat daripada harus membangun bisnis di sektor baru dari awal. Di sini XL Axiata akan mencoba melakukan kemitraan dengan perusahaan lainnya.

Sebelumnya, XL Axiata sudah bermitra dengan operator pay TV operator MNC Sky Vision untuk menyediakan layanan ekstra (value added service) dalam bentuk TV berlangganan dan Internet cepat. Namun, strategi Pay TV kali ini disebutkan Dian akan berbeda dari sebelumnya.

Ekspansi ke sektor Pay TV pada kuaral kedua 2017 akan menjadi fase pertama strategi baru XL Axiata tersebut. Tingginya penetrasi pasar Tanah Air (sekitar 40 persen) menjadi salah satu alasan XL Axiata terjun di sektor ini.

XL Axiata dikabarkan telah menyiapkan dana awal sekitar Rp 700 juta untuk mengesekusi tahapan akuisisi dan merger di sektor Pay TV tersebut. Namun, mengingat masih dalam tahapa perundingan, Dian belum ingin menjelaskan lebih jauh perusahaan apa yang akan diakuisisi oleh mereka.

 

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES