February 5, 2018

Cabut dari Pasar Cina, Bagaimana Nasib Smartphone LG di Indonesia?

Penulis: Iwan RS
Cabut dari Pasar Cina, Bagaimana Nasib Smartphone LG di Indonesia?  

Mobitekno – LG, salah satu konglomerat terbesar di Korea Selatan, mengambil keputusan penting dalam pemasaran smartphone globalnya. Dalam rangka meminimalisir kerugian divisi mobile communications-nya selama ini, LG memutuskan untuk angkat kaki dari pasar Cina.

Keputusan strategis yang dilaporkan oleh media China Business Daily ini diambil berdasarkan tren pertumbuhan penjualan yang diraih smartphone LG selama ini di negara Tirai Bambu tersebut. Fakta penjualan smartphone LG di Cina cukup kontradiktif mengingat ada ratusan juta calon konsumen yang bisa digarap oleh LG.

Seperti diketahui, mayoritas konsumen Cina umumnya lebih merilis smartphone Samsung, Apple, atau merek lokal, seperti Oppoi, Vivo, Huawei, dan Xiaomi. Kondisi pasar LG di Cina jauh berbeda dengan di AS yang merupakan pasar terbesar smartphone setelah Cina dan (mungkin) India.

Berdasarkan laporan Strategy Analytics pada Mei 2017, pangsa pasar LG di AS berhasil menembus angka 20 persen yang berarti hanya kalah dibandingkan pasar Apple (34,5 persen) dan Samsung (24,6 persen).

LG smartphone

Lalu, bagaimana dengan pasar LG di Indonesa yang merupakan pangsa pasar samrtphone terbesar di kawasan Asia Tenggara? Meskipun belum dapat disimpulkan, apakah keputusan LG di pasar Cina akan dilakukan juga nantinya di Indonesia.

Situasi pasar beberapa tahun belakangan ini sepertinya menguatkan praduga jika cepat atau lambat LG pun mungkin akan angkat kaki bukan hanya di Indonesia tapi juga di negara lainnya dengan pasar besar, seperti India.

Berbeda dengan situasi pasar di AS yang kurang ramah dengan smartphone Tiongkok, baik Indonesia dan India mulai ‘membuka pintu’ bagi smartphone Cina, seperti Oppo, Vivo, dan Xiaomi. Dengan kata lain, celah pasar smartphone LG di Indonesia dan India tidak akan jauh berbeda seperti di Cina.

Apabila LG benar akhirnya angkat kaki juga di Indonesia, pengguna setia LG G series dan V series selama ini tentunya akan cukup kecewa. Meskipun menghadirkan smartphone entry level dan menengah di Tanah Air, kedua seri inilah yang menjadi opsi menarik lainnya di segmen atas ditengah dominasi Apple iPhone dan Sam,sung Galaxy.

Tags: , , , , , , , ,

  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

COMMENTS
OTHER ARTICLES