July 4, 2018

Akankah Jadi Tren, Paten Baru Huawei Sisipkan Earbud di Smartwatch?

Penulis: Iwan RS
Akankah Jadi Tren, Paten Baru Huawei Sisipkan Earbud di Smartwatch?  

Mobitekno – Seperti produsen ponsel lainnya, Huawei juga membuat smartwatch atau jam pintar buat konsumen. Setelah merilis Watch 2 pada Februari 201 lalu, Huawei sempat dianggap kurang antusias mengembangkan smartwatch di masa mendatang berkaca pada pasar globalnya yang kurang positif.

Hal ini semakin diperkuat oleh jawaban salah satu eksekutif Huawei, Eric Xu, saat menjawab pertanyaan jurnalis di ajang Huawei Global Analyst Summit 2017. Ia mengutarakan keraguannya soal seberapa besar minat konsumen akan smartwatch di pasar global.

Terlepas dari hal ini, Huawei tampaknya masih belum akan meninggalkan industri smartwatch. Menurut laporan LetsGoDigital berdasarkan paten yang baru didaftarkan, smartwatch mendatang Huawei mungkin akan menyertakan earphone/earbud yang disisipkan pada bodinya.

Huawei Watch dengan wireless earbud

Gambar sketsa paten menunjukkan kedua earphone terpasang diantara tepi bezel dan kedua strap-nya. Kedua earphone menempel pada jam berkat adanya mekanisme ‘spring lock’ pada engsel kedua tali jam. Untuk melepasnya, pengguna cukup mengklik masing-masing earbud tersebut. Pada gambar lain diperlihatkan juga alternatif penyimpanan lainnya, dimana kedua earphone disimpan di ujung tali.

Mengingat gambar ini hanya berupa produk konsep, belum diketahui pasti inovasi seperti apa yang nanti diterapkan pada smartwatch Huawei mendatang. Belum diketahui juga apakah earbud ini akan hadir pada Huawei Watch 3.

Kita tunggu saja apakah paten Huawei ini akan ‘viral’ ke produsen smartwatch lainnya seperti inovasi dual camera Huawei di industri ponsel.

Tags: , , ,


COMMENTS