June 4, 2018

Kecanduan ‘Nongkrong’ di Dunia Maya, Apple Punya Solusinya

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Kecanduan ‘Nongkrong’ di Dunia Maya, Apple Punya Solusinya  

Mobitekno – Belum banyak produsen teknologi papan atas yang concern terhadap orang-orang yang sangat kecanduan gawai dan media sosial mereka. Kalau tidak segera dilakukan pencegahan, hal ini bisa menjadi preseden buruk bagi kesehatan dan juga kehidupan sosial mereka.

Nah, baru-baru ini, Tim Cook, ‘pentolan’ raksasa teknologi Apple, menyatakan bahwa Apple pekan ini akan mulai menawarkan sebuah perangkat lunak terbaru untuk pengguna iPhone dan tablet yang ingin membatasi diri mereka dari kecanduan ‘nongkrong’ di dunia maya.

Sunday Times of London melaporkan bahwa inisiatif ini disebut ‘Kesehatan Digital’ (Digital Health) yang dirancang untuk ‘menyapih’ pengguna berat dari perangkat mereka.

Menurut surat kabar itu, Cook menegaskan awal tahun ini dia tidak ingin keponakannya berada di jejaring sosial. Dia juga menyarankan orang-orang harus ‘membatasi’ waktu mereka menatap layar ponsel.

“Saya tidak percaya penggunaan yang berlebihan. Saya bukan orang yang mengatakan ‘kami meraih kesuksesan jika Anda menggunakannya sepanjang waktu’. Saya tidak berlangganan itu sama sekali.”

Sebaliknya, justru ia mencontohkan efek buruk dari penggunaan berlebihan perangkat dan media sosial’”pada kesejahteraan pengguna.

Sayangnya, surat kabar itu tidak menerangkan bagaimana mekanisme yang dilakukan perangkat lunak tersebut dalam memengaruhi penggunanya. Bagaimanapun, sepertinya masih layak kita tunggu kehadirannya di Indonesia.

Tags: , , , ,


COMMENTS