May 4, 2018

Samsung Masih Perkasa, Xiaomi Sodok Posisi Empat Pasar Smartphone Global

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Samsung Masih Perkasa, Xiaomi Sodok Posisi Empat Pasar Smartphone Global  

Mobitekno – Samsung masih jadi produsen smartphone yang duduk tenang di kursi singgasananya pasar global, setidaknya menurut laporan Strategy Analytics. Raksasa elektronik Korea Selatan ini sukses mengapalkan 78,2 juta unit smartphone antara Januari hingga Maret 2018 (kuartal pertama 2018).

Dari jumlah pengapalan (shipment) tersebut, Samsung berhasil menguasai pasar sebesar 22,6 persen. Namun, jika dibandingkan tahun lalu, Samsung sebenarnya justru sedikit ‘melemah’ karena pangsa pasarnya menurun dari 22,7 persen tahun lalu . Ini artinya ada penurunan sebesar 0,1 persen.

Posisi kedua masih dipegang oleh rival sejatinya Apple. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, AS ini tercatat berhasil melakukan shipment iPhone sebanyak 52,2 juta unit. Ini berarti Apple berhasil meningkatkan penjualannya dibandingkan tahun lalu yang mencapai 50,8 juta unit.

Pasar smartphone Q1 2018

 

Sukses memasok 52,2 juta unit iPhone ke seluruh dunia membawa Apple menguasai pangsa pasar sebesar 15,1 persen. Peringkat ketiga masih diduduki raksasa Tiongkok, Huawei, yang berambisi menjegal Apple dan Samsung di masa mendatang dengan raihan 39,3 juta unit (pangsa pasar sebesar 11,2 persen).

Huawei patut optimis, pasalnya Counterpoint Research sempat melaporkan keberhasilan perusahaan Tiongkok ini menyalip Apple di pasar smartphone global pada Juli 2017 lalu.

Laporan Strategy Analyticsini juga menunjukkan keberhasilan Xiaomi di awal 2018 ini. Xiaomi berhasil menggeser Oppo sekaligus mendepak Vivo keluar dari lima besar produsen smartphone global.

Xiaomi yang berada di bawah Huawei berhasil mengapalkan sebanyak 28,3 juta unit. Padahal di periode yang sama tahun lalu, Xiaomi hanya mampu mengapalkan smartphone miliknya sebanyak 12,6 juta unit. Selamat buat Xiaomi!

Keberhasilan Xiaomi ini tak lepas dari strateginya menciptakan smartphone terjangkau secara konsisten untuk pasar global. Tak hanya itu, Xiaomi pun berani untuk membuka pasar baru yang memang dianggap potensial. Salah satu strategi yang sudah terbukti tepat adalah kesuksesannya masuk ke pasar India.

Oppo sendiri harus puas berada di posisi kelima pasar smartphone global. Untuk kuartal pertama tahun ini, perusahaan yang baru saja merilis seri F7 di Indonesia ini berhasil mengapalkan smartphone di pasar global sebanyak 24,1 juta unit. Padahal tahun lalu, Oppo mampu mendistribusikan sebanyak 27,6 juta unit.

Meskipun Samsung dan Apple masih menjadi produsen dominan di pasr global, kondisi pasr menunjukkan adanya menyusut sebesar 2,4 persen. Ini berarti, setiap produsen dituntut lebih inovatif dalam menciptakan smartphone sehingga pasar smartphone kembali bergairah.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES