May 4, 2018

Google Assistant di Smartwatch Wear OS akan Semakin Cerdas

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Google Assistant di Smartwatch Wear OS akan Semakin Cerdas  

Mobitekno – Google Assistant merupakan virtual/digital assistant cerdas dari Google yang termuat dalam berbagai mobile dan smart home device. Virtual assistant yang mulai populer digunakan oleh pengguna gadget ini secara konsisten terus dibenahi Google agar semakin paham/mengerti perintah pengguna.

Bukan hanya di Android OS, Google juga mulai membenahi Assistant yang termuat pada sistem operasi wearable device-nya, yakni OS Wear. Seperti yang diumumkan oleh Google, mereka juga akan menghadirkan fitur-fitur baru ke dalam Wear OS.

Salah satu fitur baru yang bakal hadir adalah rekomendasi dalam bentuk umpan balik yang lebih cerdas. Selain itu, Google Assistant untuk Wear OS ini juga akan memiliki kemampuan untuk merespons balik via Voices (suara) dan Actions.

Umpan balik atau rekomendasi cerdas ini sebenarnya merupakan suatu saran yang relevan (kontekstual) dengan jawaban Google Assistant terhadap pertanyaan yang disampaikan oleh pengguna.

Nantinya, pengguna bisa melihat seluruh umpan balik tersebut dengan menggesek layar perangkat wearable yang dikenakannya. Harapannya, fitur baru ini akan menarik bagi pengguna pengguna smartwatch atau Wear OS lainnya.

Sebagai contoh, jika pengguna meminta info cuaca, selain menawarkan informasi yang ditanyakan penggua, Assistant juga akan memperlihatkan serangkaian informasi terkait lainnya yang mungkin diminati, seperti perkiraan cuaca dalam beberapa hari mendatang.

Peningkatan lainnya yang tidak kalah menarik, Assistant juga akan dapat merespons melalui suara dalam skenario tertentu. Sayangnya Google tidak secara rinci menjabarkan, kapan Assistant ini akan bisa berbicara.

Terakhir adalah Actions. Pada dasarnya fitur ini menawarkan rekomendasi ‘tindakan’ dari Assistant yang dapat Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat menggunakan Assistant untuk menanyakan lokasi transit kereta api yang lagi Anda tumpangi.

Google juga mengatakan bahwa Action akan tersedia di semua smartwatch berbasiskan OS Wear. Lalu, kapan semuanya fitur baru ini akan diluncurkan? Lewat blog resminya, Google hanya menyebutkan semua akan meluncur ‘beberapa hari ke depan’.

 

Tags: , ,


COMMENTS