March 4, 2018

Review Vivoactive 3: Smartwatch Teman Setia Berolahraga di Dalam dan Luar Ruang

Penulis: Eko Lannueardy
Review Vivoactive 3: Smartwatch Teman Setia Berolahraga di Dalam dan Luar Ruang  

Mobitekno – Garmin, pabrikan spesialis yang berkutat di teknologi GPS memboyong Vivoactive 3 ke pasar Indonesia pada pertengahan bulan Desember 2017 lalu. Vivoactive 3 sendiri merupakan wearable device dalam bentuk smartwatch alias jam tangan pintar yang juga dilengkapi dengan fungsi activity tracker.

Untuk kali ini, Mobitekno.com juga diberi kesempatan menjajal langsung secara penuh Vivoactive 3. Menarik, tak hanya berfungsi untuk semata-mata sebagai penunjuk waktu, wearable device ini juga cocok untuk menjadi teman setia Anda saat berolah raga di luar maupun dalam ruang. Yuk, ikuti reviewnya!

Kelengkapan

Vivoactive 3 hadir dalam tiga varian warna, yakni Black Stainless dan White Stainless yang dibanderol dengan harga Rp4.999.000 serta warna Black Slate yang ditawarkan dengan harga Rp5.499.000. Smartwatch ini sendiri sudah dijual secara resmi menjelang akhir Desember 2017 lalu di reseller resmi.

Berbicara soal kemasan atau boks penjualannya, Garmin memang pintar. Kemasan dibuat cukup minimalis yang dibalut dengan warna silver. Tak hanya itu, tiga buah gambar Vivoactive 3 yang menempel di kemasan juga bisa menjadi informasi awal bagi konsumen yang penasaran dengan bentuk smartwatch ini.

Informasi singkat mengenai fitur dari smartwatch ini juga turut disajikan. Tak hanya soal daya tahan baterai dan dukungan Connect IQ, informasi yang turut disajikan Garmin adalah sertifikasi Swim 5ATM yang menjelaskan bahwa Vivoactive 3 memiliki kemampuan tahan air.

Berikut paket penjualan Vivoactive 3:

1. Unit Vivoactive 3
2. Kabel USB
3. Buku Quick Start Manual
4. Buku Important Safety & Product Information

Desain

Soal desain, Vivoactive 3 mengusung desain bundar dan unit review yang diterima oleh Mobitekno.com memiliki warna Black Stainless dengan strap berwarna hitam. Desain bezel stainless steel yang disematkan juga dibubuhkan ukiran garis yang menambah kesan penunjuk waktu konvensional.

Garmin juga menyisipkan sebuah tombol yang warnanya sepadan dengan bezel stainless steel dan di sisi yang berlawanan, pengguna bisa menemukan sensor sentuh. Sepertinya, sensor sentuh ini dihadirkan sebagai alternatif dari menu navigasi touch screen. Cukup menarik bukan?

Menyisir ke bagian bodi, Garmin mengemas Vivoactice 3 dengan material polimer yang diperkuat dengan serat. Untuk bagian strap, terbuat dari karet silikon yang cukup kuat dengan pola bersisik. Panjang strap-nya seperti kebanyakan yang ada pada jam tangan umumnya, yakni 20 mm.

Lantas, bagaimana dengan kekuatan layarnya? Tak main-main, Garmin melengkapi layar sentuhnya dengan perlindungan Corning Gorilla Glass. Layar sentuhnya juga dikemas dengan ukuran 1,2 inci dan memiliki resolusi 240 x 240 piksel. Vivoactive 3 sendiri memiliki dimensi 43,4 x 43,4 x 11,7 mm.

Untuk bagian bawahnya, Garmin juga membalut smartwatch besutannya ini dengan material baja. Selain menempatkan sensor yang diindikasikan dengan tiga lampu LED berwarna hijau, Garmin juga menepatkan port USB yang berfungsi untuk melakukan pengisian daya.

Fitur dan Performa

Seperti telah disebutkan di atas, Vivoactive 3 bukanlah sekadar smartwatch biasa. Ya! weaeable device ini juga telah dibekali dengan beragam fitur activity tracking. Tak hanya memonitor detak jantung, jam tangan pintar ini juga mampu mengkalkulasi pembakaran kalori, langkah, tingkat stress hingga menghitung VO2max tubuh pengguna.

Hal menarik lainnya, Vivoactive 3 juga mampu menjadi sahabat Anda saat berolah raga. Tak hanya menghitung aktivitas Anda saat olah raga jalan santai atau lari, smartwatch ini juga cocok digunakan ketika bersepeda, berenang, bermain golf, paddle boarding atau menggunakan alat-alat fitness di dalam ruangan.

Memulai aktivitas bersama Vivoactive 3 juga sangat mudah. Tentukan aktivitas atau olah raga yang ingin Anda lakukan. Selanjutnya, tekan tombol yang ada di samping dan tap jenis olah raga lebih spesifik dan tunggu hingga GPS menyala. Waktu aktivasinya sendiri bergantung pada lokasi dimulainya olahraga, bisa beberapa menit dari sesudah start.

Untuk melakukan pengaturan atau konfigurasi juga bisa dilakukan secara langsung lewat perangkat Vivoactive 3. Untuk itu, Anda bisa masuk ke menu Setting. Caranya, tap beberapa detik layar Vivoactive 3 dan pilih menu Setting. Banyak hal yang bisa Anda lakukan lewat menu ini, salah satunya mengubah tampilan layar dengan men-tap Watch Face.

Satu hal yang menjadi daya tarik dan dirasakan oleh Mobitekno.com, sensor-sensor yang ada di Vivoactice 3 ini dapat bekerja akurat. Pengujian sederhana yang dilakukan adalah saat menghitung langkah. Selain itu, GPS-nya juga dapat melacak secara presisi.

Nilai jual lainnya, Vivoactive 3 juga bisa terkoneksi ke smartphone melalui aplikasi Garmin Connect. Bagi Anda pengguna smartphone berbasis Android, aplikasi ini dapat diunduh via Google Play Store, sedangkan bagi pengguna iPhone, aplikasi ini juga tersedia cuma-cuma di Apps Store.

Seperti kebanyakan perangkat wearable lainnya, Vivoactice 3 dapat terkoneksi ke smartphone yang terpasang Garmin Connect melalui Bluetooth. Hal menarik yang tersaji di dalam aplikasi Garmin Connect, pengguna Vivoactice 3 bisa melihat lebih banyak informasi terkait dengan aktivitas olah raga yang dilakukannya.

Melalui aplikasi Garmin Connect, pengguna Vivoactive 3 juga bisa mengakses Connect IQ Store. Tentu saja, sebagai sebuah marketplace, Connect IQ Store juga menyediakan beragam pilihan Watchface serta aplikasi pendukung lainnya. Mobitekno.com mengakses marketplace ini lebih suka untuk mengunduh Watchface yang disukai ;-).

Layaknya smartwatch pada umumnya, Vivoactive 3 ketika terkoneksi ke smartphone juga bisa menjadi tools notifikasi. Jika ada panggilan atau pesan teks masuk, jam tangan pintar ini akan bergetar sambil memperlihatkan informasi yang ada di layar. Jelas, ini bisa membantu pengguna ketika berada diperjalanan saat berkendara di atas sepeda motor.

Menariknya, tak hanya pesan singkat alias SMS saja yang bisa ditampilkan. Notifikasi aplikasi instan messenger lainnya juga bisa, seperti WhatsApp, Messenger, Telegram dan sebagainya. Jelas, ini sesuatu hal yang turut menjadi nilai jual dari perangkat wearable ini.

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Garmin sendiri mengklaim lewat kemasan atau boks penjualannya bahwa catu daya yang terpasang mampu bertahan hingga 7 hari (Watch Mode) dan 14 jam (GPS Mode). Namun, Mobitekno.com selama satu bulan diberi kesempatan untuk memakai jam tangan pintar ini, baterainya memang memiliki durasi “hidup” yang lebih panjang.

Untuk melakukan pengisian ulang, Garmin juga sudah menyiapkan port USB khusus yang berada di bagian bawah perangkat. Saat kondisi baterai mencapai 5%, Vivoactive 3 secara terus menerus akan memberikan notifikasi “Low Battery”. Artinya, Anda harus segera mengisi baterai tersebut. Untuk terisi penuh alias 100% dibutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

Spesifikasi

Bezel: Stainless steel
Casing: Polymer
Strap: Sillicone
Size: 43.4 x 43.4 x 11.7mm
Waterproof: Swim 5ATM – Max Depth of Water Resistance 164 ft (+/- 5 meter)
Screen: Sunlight visible, 1.2 inch (diameter), 240 x 240 px touchscreen
Battery: GPS Mode 13 haours; Watch Mode 7 days
Sensors: GPS, GLONASS, Garmin Elevate HR monitor, altimeter, compass, accelerometer, thermometer
Connectivity: Bluetooth 4.0, ANT+

Kesimpulan

Banjirnya wearable device, seperti smartwatch yang masuk ke pasar Indonesia membuat Garmin akhirnya kepincut untuk membawa Vivoactive 3 ke Tanah Air. Tak sekadar smartwatch biasa, Vivoactive 3 menyajikan beragam fitur menarik untuk menjadi teman Anda saat berolah raga di dalam maupun luar ruang.

Tak hanya jadi teman saat olahraga lari, Vivoactive 3 juga cocok untuk jadi teman olahraga lainnya, seperti jalan santai, bersepeda, berenang dan beberapa olahraga lainnya. Untuk urusan desain maupun fiturnya, jam tangan pintar besutan Garmin ini juga tak kalah dibandingkan dengan perangkat serupa yang ada di pasaran.

Satu hal yang menarik, kalkulasi sensornya dapat menghitung secara akurat aktivitas atau olahraga yang Anda lakukan. Tak hanya itu, jam tangan pintar ini juga sudah memiliki sertifikasi anti air, sehingga pengguna tak perlu khawatir ketika pera gkat yang ada dipergelangan tangannya ini terguyur air.

Daya tarik lainnya, Vivoactive 3 juga dibekali catu daya yang andal. Saat Mobitekno.com menggunakannya, jam tangan pintar ini mampu bertahan antara lima hingga enam hari. Berkat fitur catu daya yang kuat, pengguna juga tak direpotkan untuk mengisi ulang baterai setiap saat.

Tags: , , , ,

  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

COMMENTS
OTHER ARTICLES