February 4, 2018

Datsun CROSS Mulai Diproduksi di Purwakarta

Penulis: Eko Lannueardy
Datsun CROSS Mulai Diproduksi di Purwakarta  

Mobitekno – Datsun pada akhir bulan Januari kemarin, atau tepatnya tanggal 31 Januari 2018 telah memulai produksi pertama dari model unggulan terbarunya, Datsun CROSS. Produksi mobil ini sendiri dilakukan di pabrik Nissan Motor Indonesia yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat.

Seperti ditegaskan oleh Eiichi Koito, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia bahwa Datsun CROSS resmi mulai diproduksi untuk pelanggan Indonesia dengan pengiriman pertama akan dilakukan pada bulan Maret 2018 nanti. Dimulainya produksi mobil ini adalah momen penting, karena merupakan tonggak sejarah untuk Datsun di pasar otomotif Indonesia.

Kami akan memproduksi Datsun CROSS di pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat. Berdiri di lahan dengan luas sekitar 35 hektar, pabrik ini didukung oleh sekitar 2.400 karyawan. Pabrik ini juga memproduksi Datsun GO+ dan GO Panca dan sejumlah model Nissan yang dijual di Indonesia,” jelas Koito.

Lebih jauh, Koito juga menegaskan bahwa pabriknya ini sudah menerapkan sistem produksi global, Nissan Production Way. Artinya, seluruh proses manufaktur dan pengecekan kualitas yang dilakukan akan menghasilkan produk berkualitas baik sesuai standard global Nissan.

Karyawan PT Nissan Motor Indonesia
Ribuan Karyawan pabrik PT Nissan Motor Indonesia siap memproduksi Datsun CROSS.

Sementara, Fumitoshi Yoshikawa, Vice President Manufacturing PT Nissan Motor Indonesia juga menegaskan hal yang sama. Ia menuturkan bahwa kerja keras dan dedikasi tinggi adalah hal terpenting untuk memastikan kualitas manufaktur yang bermutu tinggi, tak terkecuali untuk memproduksi Datsun CROSS.

“Saya mengapresiasi hasil kerja keras ribuan karyawan di pabrik ini dan juga di jaringan pemasok kami, sehingga Datsun CROSS bisa mulai diproduksi. Untuk selanjutnya, kendaraan ini akan segera kami distribusikan ke konsumen mulai bulan Maret 2018 mendatang,” ucap Yoshikawa.

Datsun CROSS sendiri yang diperkenalkan pada tanggal 18 Januari 2018 lalu di Jakarta dijanjikan akan disematkan berbagai fitur unggulan, antara lain X-Tronic CVT. Tak hanya itu, Datsun juga menawarkan fitur keselamatan yang lebih canggih, seperti VDC untuk semua kelas.

Tak hanya menyematkan anti-lock brakes (ABS) dan electronic brake distribution with brake assist (EBD), Datsun CROSS juga dilengkapi denga traction control (TCS), brake-limited slip differential (B-LSD), dan juga dua buah kantung udara depan, sistem pemberi peringatan sabuk pengaman dan lampu depan otomatis.

Cross-over pertama Datsun ini dikembangkan oleh tim dari berbagai negara, antara lain para insinyur Indonesia dan Jepang, yang bekerja sama untuk mengembangkan Datsun CROSS dengan mempertimbangkan situasi berkendara di Indonesia. Terkait dengan harganya, Datsun CROSS akan dijual mulai dari harga Rp163 juta.

Tags: , , , ,

  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

COMMENTS