October 3, 2018

Sarat Inovasi, Huawei Mate 20 Series Bakal Punya Fitur Voice Unlock

Penulis: Iwan RS
Sarat Inovasi, Huawei Mate 20 Series Bakal Punya Fitur Voice Unlock  

Mobitekno – Huawei semakin inovatif dengan smartphone/ponsel terbarunya. Pada peluncuran ponsel flagship Mate 20 series di London pada 16 Oktober 2018 nanti, kita bakal menyaksikan serangkaian inovasi baru yang dihadirkan mereka.

Beberapa informasi seputar Huawei Mate 20 series sudah diketahui publik, seperti akan ada setidaknya dalam dua model (Mate 20 dan Mate 20 Pro), penggunaan chipset 7 nm pertama, HiSilicon Kirin 980, dan triple camera dengan susunan kotak.

huawei-mate-20

Berbicara mengenai Kirin 980 saja, kita sudah mendapati bahwa chipset ini sarat akan inovasi terdepan. Huawei mengklaim, Kirin 980 merupakan chipset (SoC) 7 nm pertama di dunia, meski Apple (dengan chipset A12 Bionic 7 nm) mungkin akan berpendapat berbeda.

Kirin 980 juga diklaim merupakan chip pertama yang menyertakan CPU Cortex-A76, GPU Mali-G76, modem kelas Cat.21 (DL speed hingga 1.4 Gbps), Wi-Fi tercepat (hingga 1,7 Gbps), Dual NPU (Neural Processing Unit), dan mendukung RAM LPDDR4X (hingga 2133 MHz).

Namun, seperti halnya ponsel flaghsip lainnya, Huawei masih menyimpan banyak fitur baru lain yang tidak kalah menarik. Apa saja?

Berdasarkan presentasi dari situs Girafa, Mate 20 dan Mate 20 Pro akan memiliki kamera depan/selfie 24 MP dan kamera utama/belakang dengan kombinasi tiga lensa (triple-camera setup).

huawei-mate-20

Komposisi triple camera Mate 20 berbeda dari P20 Pro karena mengganti lensa telephoto dengan lensa wide angle. Tripel camera ini juga akan menghadirkan fitur AI Smart Zoom bersama fitur HiVision yang pada dasarnya mirip fitur Google Lens.

Beralih dari kamera, Mate 20 series juga akan menjadi ponsel pertama yang datang dengan fitur ‘voice unlock’. Huawei menyebut fitur ini sebagai ‘Bone Voice ID’. Nama yang cukup aneh tapi mungkin ‘nempel’ di ingatan. Ada kemungkinan, fitur pembuka layar ini juga bisa menggunakan headphone khusus dari Huawei.

Fitur ‘Bone Voice ID’ bekerja dengan melakukan autentikasi berdasarkan suara pengguna. Jadi, seperti halnya wajah pada fitur face unlock, fitur ‘Bone Voice ID’ akan mengingat karakter dan pola suara/vokal pengguna untuk dapat membuka (layar) ponsel.

huawei-mate-20

Ponsel Mate 20 juga diprediksi akan mendukung fitur ‘wireless projection‘ ke eksternal output, seperti monitor eksternal, atau PC/notebook. Fitur ini mirip Samsung DeX tapi lebih praktis karena tidak membutuhkan kabel.

Beberapa fitur baru lainnya mungkin hanya ada pada model Mate 20 Pro, seperti sensor sidik jari (in-display fingerprint sensor). Ada pula fitur ‘3D face unlock’ yang berdasarkan foto presentasi diklaim lebih baik dari fitur sejenis dari Apple, yakni FaceID.

Pada foto diketahui fitur ‘3D face unlock’ Mate 20 series selain lebih cepat juga memiliki level FAR (False Acceptance Rate) yang lebih rendah dari iPhone (di bawah 1:1.000.000).

huawei-mate-20

huawei-mate-20

Baterai pada Mate 20 (4,000 mAh) dan Mate 20 Pro (4.200 mAh) juga akan lebih cepat terisi. Tidak kalah dari teknologi VOOC Charge di ponsel Oppo, Mate 20 series juga datang dengan fitur Huawei SuperCharge 2.0. Pada Foto ditunjukkan teknologi quick charging ini dapat mengisi baterai hingga 70 persen hanya dalam waktu 30 menit. Bukan hanya itu, fitur high-speed wireless charging 15 W juga bakal didukungnya.

Fitur terakhir yang juga gres adalah dukungan format baru kartu nano-SD (hingga 256 GB) yang merupakan versi miniatur dari kartu micro-SD. Kartu nano-SD mirip seperti kartu nano SIM.

Bagaimana dengan desain layar poninya (notch screen)? Dari kabar yang berbedar sejauh ini, masi ada perbedaan pada desain notch model Mate 20 series. Ada yang tetap dengan notch lebar (sperti P20 Pro), ada pula dengan desain waterdrop notch (lihat video).

Ponsel Huawei Mate 20 akan tersedia dalam bebeberapa varian. Mate 20 Pro dengan RAM 6 GB, layar AMOLED 6,4 inci (QHD+), dan rating protection IP67. Sedangkan Mate 20 dengan RAM 4 GB, layar 6,53 inci, dan rating protection IP53.

Harga perkiraan Mate 20 Pro dan Mate 20 berturut-turut akan berkisar Rp 16,5 juta dan Rp 12,4 juta. Kepastian informasi di atas tentunya akan terungkap pada tanggal 16 Oktober 2018 nanti. Bagaimana menurut Anda, cukup menarik ponsel flagship Huawei di akhir tahun ini?

Tags: , , , , , , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS