July 3, 2018

Masih Terbatas, Fitur Mode PiP dan Stories Baru Mulai Digulirkan YouTube

Penulis: Iwan RS
Masih Terbatas, Fitur Mode PiP dan Stories Baru Mulai Digulirkan YouTube  

Mobitekno – Berbagi foto/video dalam jangka waktu tertentu mulai fitur wajib di berbagai platform media sosial atau messaging. Misalnya ‘Stories’ di Snapdchat dan Instagram atau Status di WhatsApp. Bahkan Facebook dan Skype pun pun ikut mengadopsi fitur berbagi dengan tenggat tersebut.

YouTube mungkin akan menjadi platform berikutnya setelah dikabarkan sedang menguji fitur Stories khususnya buat kreator konten video (kanal) dengan lebih dari 10 ribu pelanggan.

Fitur YouTube Stories yang rencananya akan digulirkan akhir tahun ini memungkinkan broadcaster/YouTuber berbagi informasi dan progres suatu proyek secara mudah dan cepat ke pelanggannya (subscriber).

Pada YouTube Stories ini, pengguna dapat menambahkan link ke video YouTube, dan sejumlah konten lainnya. YouTube Stories ini bisa disebut sebagai pengembangan lanjutan dari layanan YouTube Reels yang telah diujicoba pada akhir tahun lalu.

YouTube

Di samping pengembangan lebih lanjut dari Stories (Reels), YouTube juga diketahui sedang bersiap menggodok fitur untuk menampilkan video dalam mode picture-in-picture (PiP) untuk pengguna YouTube non-premium yang memeaki Android Oreo device. Dengan mode ini, pengguna dapat menonton video di YouTube dalam sebuah jendela kecil sambil mengakses aplikasi lain secara bersamaan.

Sebelumnya, video YouTube PiP mode sudah diimplementasikan meski masih ‘nanggung’. Pasalnya, video dalam PiP mode tersebut akan stop jika pengguna menutup atau keluar dari aplikasi YouTube.

Mode picture-in-picture dapat diaktifkan dengan mengklik (men-tap) tombol ‘Home’ saat menonton video. Setelah video mengecil (PiP mode), video YouTube ini selanjutnya dapat dipindah-pindah.

Sejauh ini, Google baru menggulirkan fitur PiP mode ini untuk pengggunanya di AS. Rencananya, semua video di YouTube dapat ditonton dengan mode PiP. Khusus untuk video musik, PiP mode hanya dapat diakses bagi pengguna YouTube premium.

Pengguna (viewer) dapat mengetahui apakah videonya sudah mendukung PiP mode dengan memeriksa via menu pengaturan YouTube. Apabila ada tombol opsi (toggle) untuk PiP mode berarti video tersebut sudah mendukungnya.

Fitur ini sebelumnya telah diuji coba Google di perangkat berbasis Android Oreo pada bulan Mei lalu. Belum diketahui, kapan Google akan mengulirkan fitur ini untuk negara lainnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS